Satgas Citarum Harum : Buang Sampah Sembarangan ke Sungai, Sanksi Tegas Menanti

VIRAL: Tiga oknum petugas PT KAI Daop II Bandung membuang sampah di daerah aliran sungai Citarum dan terekam kamera. (Foto Tangkapan Layar)

RADARCIANJUR.com- Pasca ramainya oknum anggota PT KAI yang membuang sampah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Satgas Citarum Harum Sektor 12 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur mendatangi dua stasiun yakni Ciranjang dan Cianjur. Kedatangan tersebut untuk mencegah dan mengantisipasi agar tidak terjadi.

Bahkan, pihak DLH Kabupaten Cianjur melakukan koordinasi dengan Satgas Citarum Harum Sektor 12 langsung bergerak untuk memperingatkan kepada pihak PT KAI dan juga masyarakat sekitar serta meminta tindaklanjut sesuai aturan.

Koordinator Satgas Citarum Harum Sektor 12 DLH Kabupaten Cianjur, Meidy Prasetyadi mengatakan, pihaknya sudah bergerak mengenai kejadian tersebut. Namun mengenai sanksi, pihaknya belum meberikan sanksi dan baru peringatan.

“Kita sudah datangi stasiunnya, untuk menindaklanjuti agar tidak terulang,” ujarnya.

Lanjutnya, jika terjadi kedua kalinya, maka pihaknya bersama Satgas Citarum Harum Sektor 12 tidak segan-segan memberikan tindakan tegas. Sanksi tersebut pun tidak hanya berlaku kepada petugas PT KAI, namun jika masyarakat turut melakukan hal serupa bakal mendapatkan sanksi sama.

“Sebetulnya bukan hanya dari PT KAI saja, jika masyarakat ditemukan membuang sampah juga, maka kita berikan sanksi tegas yang sama. Kemarin kebetulan saja yang tertangkap itu petugasnya, jadi siapapun akan ditindak,” tegasnya.

Pihaknya pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih sadar terhadap lingkungan dan tidak hanya DAS Citarum saja. Sehingga kesadaran terhadap menjaga lingkungan menjadi komitmen dalam diri, seperti tidak membuang sampah sembarangan. (kim)