Dokter dan Perawat Periksa Kesehatan Ratusan WBP, Ada Apa?

CEK:Meski menjalani massa tahanan, warga binaan pemasyarakatan (WBP) tetap harus diberikan pelayanan seperti kepada masyarakat pada umumnya. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Peningkatan pelayana kepada masyarakat tidak hanya dilakukan dalam rangka mempertahankan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur. Namun ternyata, pelayanan tetap diberikan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang tengah menjalani massa tahanan di balik jeruji besi.

Terlihat Lapas Cianjur memberikan pelayanan kesehatan secara gratis untuk melakukan pengecekan kepada WBP agar tetap dalam kondisi sehat dan mendeteksi jika terdapat gangguan kesehatan dengan menghadirkan kurang lebih 10 tenaga kesehatan dari Yayasan Zakeus Cipanas.

Kasi Binadik Lapas Cianjur, Yulius Jum Hertantono mengatakan, pelayanan kesehatan tersebut agar WBP dikhawatirkan terjangkit penyakit karena kondisi cuaca maupun kondisi di dalam tahanan. Sehingga, terdapat pihak ketiga yang bersedia melakukan bhakti sosial dalam pemeriksaan kesehatan.

“Alhamdulillah, dari pihak ketiga bersedia untuk melakukan pengecekan kesehatan dalam bentuk bhakti sosial,” ujarnya.

Lanjutnya, rata-rata, penyakit yang mendera WBP seperti gatal-gatal, kudis dan sebagian hipertensi dikarenakan terdapatnya WBP yang sudah lanjut usia. Selain pengecekan kesehatan, WBP pun diberikan obat-obatan disertakan vitamin agar bisa terjaga imunitas dalam tubuh.

“Selain dicek juga diberikan obat-obatan yang memang diperuntukan bagi WBP yang sakit seta kita berikan juga vitamin agar imunnya terjaga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kalapas Cianjur, Heri Aris Susila menambahkan, pihaknya sangat berterimakasih atas partisipasi dari Yayasan Zakeus Cipanas mengenai kepeduliaan terhadap WBP yang memang perlu perhatian dalam hal kesehatan.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Yayasa Zakeus Cipanas, sehingga WBP dapat terkontrol dalam segi kesehatan dan tentunya meski tengah menjalani hukuman, kesehatan sangat penting karena kita juga turut memberikan pelayanan selayaknya masyarakat pada umumnya,” jelasnya. (kim)