PWI Cianjur Mengutuk Pembunuhan Wartawan Sumatera Utara

RADARCIANJUR.com- Sebuah kabar duka kembali menyelimuti segenap insan pers Indonesia, Pemimpin Redaksi lassernewstoday.com, Mara Salem Harahap merenggang nyawa usai ditemukan didalam mobil pribadinya tak jauh dari kediamannya di Karang Anyer, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara pada Hari Sabtu 19/06/2021.

Mara meninggal dunia dengan ditemukan jejak kekerasan sebuah luka tembak di dalam bagian tubuhnya.

Hal tersebut tentunya menjadi contoh masih adanya kekerasan dalam dunia pers di Indonesia bahkan sampai menghilangkan nyawa para pejuang pers.

Dewan Pers Indonesia mengutuk kekerasan hingga menyebabkan meninggalnya Mara Salem Harahap dan mendesak aparat kepolisian untuk menyelidiki kasus ini secara dan seksama.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Cianjur angkat bicara mengenai kasus kekerasan hingga menyebabkan kematian yang menimpa Mara Salem Harahap.

Ketua PWI Kabupaten Cianjur, Muhammad Ihsan mendesak, Kapolda Sumut harus menangkap pelaku penembakan terhadap Pemimpin Redaksi lassernewstoday.com.

“Karena jelas ini pembunuhan dan menjadi preseden buruk terhadap kebebasan pers,” katanya.

Ihsan mengatakan, Pwi cianjur mendorong Dewan Pers RI untuk melakukan investigasi tentang kaitan peristiwa penembakan dengan aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh korban.

“Itu harus benar-benar dilakukan investigasi untuk mengungkap penyebab dan pelaku pembunuhan Mara Salem Harahap,”jelasnya.

Pwi cianjur sangat prihatin dengan fenomena kekerasan terhadap wartawan, hal ini menjadi warning keras di Cianjur siapapun dan pihak manapun agar bisa menghargai kerja-kerja jurnalistik dan menghormati kebebasan pers.

“Untuk diketahui, dalam menjalankan tugasnya, jurnalis dilindungi oleh Pasal 8 Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999,” ungkapnya.

Ihsan mengimbau kepada rekan rekan wartawan, terutama anggota PWI Cianjur agar mendapat ancaman atau terjadi kekerasan, segera berkordinasi dengan organisasi.

“Supaya bisa diantisipasi kekerasan dalam bentuk apapun oleh siapapun,” tuturnya.

Pwi Cianjur mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya pemimpin redaksi Marsal Harahap dari lassernewstoday.com.

“Semoga perjuangannya di profesi jurnalistik menjadi motivasi bagi semua wartawan untuk tidak kendur atau takut dalam menjalankan profesi yang mulia ini,”pungkasnya. (byu)