Jabar Belum Putuskan PSBB, Tunggu Instruksi Pusat

Ridwan Kamil saat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur, Selasa (22/6/2021).

RADARCIANJUR.com- Saat ini kondisi kasus Covid-19 di Jawa Barat dalam keadaan cukup genting. Tak sedikit rumah sakit hampir penuh. Bahkan beberapa daerah di Jawa Barat sudah ditemukan varian baru Covid-19 yakni varian delta.

Meski kondisi cukup genting, namun di Jawa Barat tidak dilakukan lockdown. Pasalnya, saat ini Jawa Barat tidak memiliki anggaran untuk subsidi atau memberikan bantuan kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Barat saat melakukan kunjungan ke RSUD Sayang, Cianjur. Saat ditanya sejumlah awak media mengenai anggaran yang sudah terpakai, RK mengatakan tidak mengetahui.

“Banyak masyarakat yang bekerja secara WFH, ada profesi yang jika WFH akan kesulitan penghasilan, dan saat ini Jabar tidak memiliki anggaran jika kembali melakukan PSBB. Tidak semua gubernur hafal data (anggaran, red),” ujarnya.

Lanjutnya, tidak ada istilah lockdown, yang ada PSBB. Namun, hingga saat ini belum diputuskan kapan PSBB akan diberlakukan. Pasalnya, Kang Emil, sapaannya menjelaskan, PSBB diputuskan bukan dari daerah melainkan dari pemerintah pusat.

“PSBB belum diputuskan, karena itu keputusan dari pemerintah pusat. Jika diputuskan PSBB, harus menyiapkan sembako untuk masyarakat yang di rumah tidak bekerja,” ungkapnya. (kim)