Kembangkan Potensi Pertanian di Cianjur, Koperasi Pa Tani Teken Kerjasamana Bersama SMKN 1 Pacet

Penandatanganan kontrak kerjasama antara Koperasi Pa Tani Dari Cianjur bersama SMKN 1 Pacet. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Demi mendorong pengembangan potensi hasil pertanian di kabupaten Cianjur, Koperasi Pa Tani Dari Cianjur melakukan kerjasamana dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pacet, Selasa (22/6/2021).

Ketua Pembina Koperasi Pa Tani Dari Cianjur sekaligus Pengembang My Pusri, Dokter Cecep Muhammad Wahyudin, mengatakan adanya kerjasama dengan sejumlah pihak ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pemasaran dari hasil tani khususnya di kabupaten Cianjur supaya bisa dipasarkan di wilayah lain, terlebih di kota-kota besar.

“Ini adalah inisiatif kami untuk membuat satu Koperasi yang nantinya bisa menjadi penghubung para petani di kabupaten Cianjur yang kemudian dicarikan pasar di kota-kota besar. Sehingga bisa lebih maju,” ujar Cecep kepada radarcianjur.com, Selasa (22/6).

Penunjukan SMKN 1 Pacet ini, menurut Cecep, sebab sekolah tersebut telah memiliki tujuh green house yang cukup mumpuni dari berbagai jenis hasil pertanian. Sehingga dengan kerjasamana ini tentu diharapkan bisa mendongkrak kembali perekonomian daerah terlebih di masa pandemi COVID-19.

“Kami juga menggandeng salah satu perusahaan aplikasi digital yakni My Pusri, sehingga produksi hasil pertanian di Cianjur ini bisa dipasarkan melalui digitalisasi itu,” kata Cecep.

Dengan adanya hal tersebut, ia sangat optimis pemasaran hasil pertanian di Cianjur bisa terbantu dan lebih mudah dipasarkan di kota-kota besar khususnya bagi target pasar milenial.

“Saya optimis target pemasaran kita ini bisa berkembang di tingkat nasional. Minimal di Indonesia, bahkan bisa ke Singapura dan negara lainnya,” ucap Cecep.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pacet, Ida Yuniati Surtika, mengatakan dengan adanya kerjasama ini tentunya sekolah berharap para mitra semuanya bisa membantu pengembangan pengelolaan hasil pertanian, pemasaran dan bidang lainnya.

“Kami berharap dengan adanya sinergitas ini tentu bisa lebih mendongkrak hasil pengelolaan pertanian khususnya di SMKN 1 Pacet,” kata Ida.

Selain itu, pihaknya juga berharap para siswa di sini bisa lebih berkompeten, terlebih dalam bidang pertanian.

“Jadi kedepannya setelah para siswa itu lulus, bisa betul-betul menjadi alumni yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh industri pertanian,” tukasnya. (dan)