Soal Nakes Rentan Tertular Covid-19, Ini Kata Plt Kadinkes Cianjur

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzi ditemui disela-sela mendampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Kasus penularan Covid 19 masih sangat tinggi di Kabupaten Cianjur dengan berbagai penambahan Kluster-kluster baru di setiap wilayah baru-baru ini.

Selain masyarakat biasa, tenaga kesehatan (Nakes) pun turut beresiko tertular Covid 19 karena berbagai aktivitas pekerjaan dan disetiap kegiatan diluar pekerjaannya.

Hal tersebut turut ditanggapi Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzi di sela-sela kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke RSUD Sayang Kabupaten Cianjur, Selasa (22/06/2021).

Irvan menjelaskan, hingga saat ini nakes masih rawan tertular karena turut menangani masyarakat yang terinfeksi Covid 19.

“Memang saat ini nakes di kabupaten Cianjur adalah pihak yang terindikasi rentan tertular Covid 19,”katanya.

Namun, Irvan bersyukur hingga saat ini kasus nakes yang terkonfirmasi Covid 19 tidak sampai fatal.

“Memang pekan lalu ada kasus, tapi alhamdulillah tidak sampai parah. Sekarang menunjukkan hasil negatif bebas Covid 19,” ungkapnya.

Irvan menuturkan, apabila ada Nakes yang terkonfirmasi Positif Covid 19 akan menutup sementara waktu pusat pelayanan kesehatan tersebut.

“Kalau ada terkonfirmasi kita sementara tutup dulu pusat pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit selama 3 hari untuk dilakukan penyemprotan disinfektan detail hingga setiap sudut ruangan,”tuturnya.

Selain itu Irvan, mengimbau Nakes harus menjalankan protokol Kesehatan disetiap aktivitasnya.

“Mau itu dengan pasien, dengan teman atau siapapun.Memang tidak mudah mencegah Covid 19 dan nakes sangat beresiko tinggi tertular,” pungkasnya. (byu)