TMMD ke-111, Awalnya Takut dan Seram

RADARCIANJUR.com -Kedatangan ratusan anggota TNI AD dalam rangka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111, di Desa Ciandam, Kecamatan Mande, awalnya membuat warga takut. Alasannya, tidak lain adalah raut wajah para anggota TNI.

Warga selama ini mengenal anggota TNI sebagai sosok yang garang, galak dan menyeramkan. Itu tak lepas dari stereotip sosok tentara yang biasa menenteng senjata dan perang.

Namun anggapan itu pudar perlahan setelah warga berinteraksi langsung dengan anggota Satgas TMMD ke-111 dalam keseharian. Warga dan anggota TNI bekerja sama serta bergotong membangun infrastruktur yang menjadi sasaran di desa tersebut selama hampir sepekan terakhir.

Interaksi langsung ini lah yang membuat pola pikir masyarakat setempat buyar. Di balik raut muka anggota TNI yang garang, ternyata mereka tak ubah layaknya masyarakat biasa.

Bahkan, kini tak ada lagi sekat antara anggota TNI dan masyarakat setempat. Saat bergotong royong, atau berkumpul ketika beristirahat, selalu ada canda tawa dan gelak tawa. Terlebih saat momen makan bersama yang makin mengeratkan dengan suasana yang harmonis.

Hal itu diakui Asep (43), salah seorang warga Desa Ciandam. Kehadiran anggota TNI di wilayah tersebut mengubah pandangan masyarakat terhadap sosok tentara.

“Semula warga masih merasa segan atau bahkan takut dengan bapak-bapak tentara. Tetapi dengan sering dilaksanakan TMMD atau sejak adanya TMMD, justru warga menjadi bersimpati dan sangat suka TNI,” ungkapnya, Selasa (22/6).

Ia mengaku, dengan berinteraksi langsung dengan anggota TNI, warga melihat dan merasakan sendiri bahwa ternyataa anggota TNI sejatinya baik dan ramah.

Itu ia rasakan betul saat makan bersama nasi liwet dengan alas daun yang disajikan warga untuk disantap bersama. Tidak ada rasa segan atau sekat. Semuanya duduk bersama di satu lantai menikmati hidangan apa adanya.

“Pembawaan anggota TNI Satgas TMMD sangat ramah, bersahabat, dan mengubah penilaian warga selama ini. Suasana juga sangat harmonis,” tuturnya.

Karena itu, warga pun cukup senang dengan kehadiran anggota TNI di Desa Ciandam yang membawa perubahan jauh lebih baik. “Kami sangat senang dengan adanya TMMD ini. Selain kampung kami menjadi lebih bagus, sekarang juga semakin ramai,” tandasnya.(dim)