Mudahkan Jual Beli, Pasar Cipanas Ciptakan Belanja Online di Aplikasi Ini

Kepala UPTD Pasar Cipanas Heru Haerul Hakim menunjukkan aplikasi online yang telah berjalan dalam memudahkan pembeli. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Guna meningkatkan daya jual beli masyarakat dan para pedagang, Pasar Cipanas kembali berinovasi menyediakan layanan bertransaksi secara online.

Dimana layanan tersebut dibuat, menyusul adanya dampak pandemi Covid-19 hingga saat ini. Sehingga para pembeli bisa berbelanja tanpa harus datang langsung ke pasar Cipanas.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Cipanas, Heru Haerul Hakim, mengatakan adanya layanan online yang dibuat oleh tim dari pasar Cipanas diharapkan bisa lebih mendongkrak daya jual beli barang yang ada di pasar rakyat Cipanas ini. Sehingga, bagi warga yang kebetulan tidak bisa datang langsung ke pasar, bisa melakukan transaksi secara online.

“Aplikasi yang dibuat kali ini telah bisa didownload melalui play’store secara umum. Tinggal memilih aplikasi dan mendownload ‘Pasar Cipanas’,” kata Heru saat ditemui radarcianjur.com, Rabu (23/6/2021).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, aplikasi ini dibuat sudah sejak 2019 lalu. Kemudian direalisasikannya di tahun 2020 kemarin, hingga sekarang masih berjalan di 2021 ini dengan perbaikan secara konsisten demi memudahkan para pedagang dan pembeli.

“Mudah-mudahan dengan munculnya inovasi ini, bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pedagang, maupun masyarakat yang ingin berbelanja di pasar rakyat Cipanas,” kata Heru.

Tim Layanan Belanja Online Pasar Rakyat Cipanas, Asep Safroni menuturkan, bagi masyarakat atau calon pembeli, bisa berbelanja secara online setelah mendownload aplikasi bernama ‘Pasar Cipanas’. Dimana di dalam aplikasi tersebut terdapat menu-menu atau pilihan kebutuhan komoditi yang dijual di Pasar rakyat ini.

“Jadi sahabat pasar rakyat bisa melihat kebutuhan apa yang ingin dibeli. Dari situ nanti sistemnya seperti biasa kita melakukan transaksi jual beli di aplikasi. Insyaallah ini akan terus kami update,” kata dia.

Roni menambahkan, bagi para pedagang di pasar Cipanas tentu adanya aplikasi ini bisa sama-sama menyesuaikan diri. Dalam artian, solusi ini dibuat, jikalau para pedagang ingin menjual produknya secara online.

“Jadi kalaupun ingin memasarkan produknya secara online, selain tetap berdagang di lapaknya masing-masing, para pedagang pun bisa memanfaatkan aplikasi online tersebut dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, tim aplikasi pun akan terus berupaya meng-update semua produk sekaligus harganya serta fitur-fitur yang ada, supaya bisa digunakan secara maksimal oleh masyarakat.

“Jadi dalam fitur itu telah tersedia diantaranya, kebutuhan sembako, sayuran, dan kebutuhan lainnya,”

Selain itu, pihaknya juga masih menggunakan jasa layanan atau kurir pengantar yang diberdayakan dari pasar sendiri. Karena menurutnya, pasar rakyat Cipanas adalah salah satu usaha ekonomi kerakyatan.

“Kami pun untuk jasa kurir pengantarnya, menggunakan para petugas jasa kuli panggul yang memiliki motor,” ujarnya.

Ia pun berharap, dengan adanya aplikasi layanan online ini para pedagang bisa bersemangat memanfaatkan media digital untuk menawarkan, menjual barang-barangnya. tandasnya. (dan)