DLH Cianjur Dorong Penyediaan RTH

Dudi Gumilar Penyuluh lingkungan hidup DLH Kabupaten Cianjur ditemui di sela-sela kunjungan kerjanya. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Lahan ruang terbuka hijau saat ini adalah sebuah tempat yang sangat penting untuk menyumbang oksigen ditengah banyaknya polusi udara yang dihasilkan kendaraan bermotor, pabrik-pabrik serta aktivitas-aktivitas masyarakat lainnya.

Pentingnya Ruang terbuka hijau (RTH) di wilayah Cianjur dipertegas Dinas Lingkungan (DLH) Kabupaten Cianjur sebagai alternatif mengurangi polusi udara.

Dudi Gumilar Penyuluh lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Cianjur menjelaskan, ruang terbuka hijau adalah tempat berbentuk memanjang atau berkelompok dengan tujuan dan fungsi menetralkan udara yang tercemar

“Dimana satu lingkungan perkantoran swasta, Dinas, intansi Pemerintahan lainnya atau jalan perlu tanaman peneduh yang fungsinya untuk menyerap polusi udara, menyimpan air dan mengeluarkan oksigen,”katanya kepada Radar Cianjur, Senin 28/06/2021.

Dudi berujar, setiap dinas atau instansi dan masyarakat serta perusahaan ada kewajiban untuk menghijaukan lahannya dengan beberapa persentase luas lahan yang dimiliki.

“Tentunya ada aturannya 10 persen di lahan private atau privasi seperti perkantoran swasta, pabrik kawasan industri dan Perumahan serta 20 persen semua dilahan pemerintah,”ungkapnya.

menurutnya, aturan tersebut harus dijalankan masyarakat serta pemerintah agar suatu daerah menjadi wilayah yang mampu menghasilkan oksigen yang tinggi.

“Sangat penting sekali RTH itu, kalau masyarakat dan pemerintah menjalankan hal tersebut tentunya lingkungan sekitar jauh dari polusi udara yang dihasilkan berbagai aktivitas manusia,”tuturnya.

Menurutnya, saat ini Dinas Lingkungan Hidup Cianjur tengah berupaya dalam melakukan sosialisasi tentang ruang terbuka hijau.

“Tentunya DLH Cianjur tengah melakukan sosialisasi tentang pentingnya RTH di sebuah wilayah Kabupaten atau kota dimanapun,”tandasnya. (byu)