Longsor Leles Tutup Akses Jalur 2 Kecamatan

Longsor di Desa Sukajaya, Kecamatan Leles menyebabkan akses jalan tak dapat dilalui kendaraan roda dua

RADARCIANJUR.com- Hujan deras mengguyur Kecamatan Leles membuat beberapa kampung mengalami longsor akibat tanah labil yang tak dapat menahan debit air, Minggu 27/06/2021.

Akibat tanah longsor tersebut jembatan yang terletak di dua kampung di Desa Sukajaya, Kecamatan Leles ambruk menyebabkan akses jalan tersebut sementara tak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Kepala Desa Sukajaya Ahmad mengatakan, longsor yang terjadi di Desanya menimpa dua kampung dan menyebabkan jembatan penghubung mengalami kerusakan dan menimpa badan sungai.

” Hujan lebat dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 21.00 malam menyebabkan jembatan yang berada di kampung Cihonje dan Cibatu amblas 10 meter kebawah menimpa badan sungai,”katanya kepada Radar Cianjur melalui sambungan telepon.

Akibat longsor tersebut membuat jembatan dengan panjang 10 meter yang menghubungkan Kecamatan Cijati dan Leles hingga kini tak dapat dilalui kendaraan roda dua.

” Jalan ini juga akses yang menghubungkan dua kecamatan antara Leles dan Cijati,” tuturnya.

Menurutnya, proses pembersihan material tanah yang menimbun sungai telah dilakukan pihaknya dibantu Kepolisan, TNI, Retana dan masyarakat.

” Proses pembersihan tanah kami lakukan pakai alat seadanya sambil menunggu datangnya alat berat,”ungkapnya.

Ahmad berharap, Pemerintah Daerah agar cepat memperbaiki akses jalan tersebut agar dapat kembali dilalui masyarakat.

“Soalnya akses jalan ini termasuk jalan yang dimiliki pemerintah daerah. Jadi pengen cepat diperbaiki agar dapat kembali dipakai masyarakat,”bebernya.

Kades menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor yang terjadi di Desanya.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, karena letaknya jauh dari pemukiman,”pungkasnya. (byu)