Enam Karyawan Pabrik di Cianjur Terkonfirmasi Covid-19

Ilustrasi Covid-19

RADARCIANJUR.com- Penyebaran Covid-19 tidak hanya terjadi di instansi pemerintahan di Kabupaten Cianjur, namun turut menyasar salah satu pabrik di Kabupaten Cianjur. Kurang lebih enam karyawan pabrik dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Enam karyawan yang terkonfirmasi tersebut pun langsung menjalani isolasi mandiri dengan kondisi orang tanpa gejala (OTG).

Juru Bicara Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, kasus ini diketahui dari hasil koordinasi bersama puskesmas setempat.

“Itu hasil dari koordinasi puskesmas itu ditemukan enam orang yang positif tapi untuk tindakan pencegahan itu karyawan yang di gedung itu sementara diistirahatkan untuk mencegah penyebaran lebih banyak,” ujarnya.

Lanjut Yusman, konsekuensi ditanggung perusahaan. Seperti gaji karyawan yang diistirahatkan dan tidak ada pemotongan gaji selama dirumahkan.

“Selama ini mereka yang positif melaksanakan isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan dari puskesmas setempat,” paparnya.

Ia menambahkan, operasional perusahaan masih berjalan, namun hanya satu gedung yang dihentikan yaitu gedung yang terdapat enam pegawai positif Covid-19.

“Tracingnya hanya kontak erat sesuai pedoman bahwa tracing itu ke kontak erat dengan yang positif, hasil tracingnya belum dirilis oleh puskesmas,” jelasnya.

Untuk mencegah hal serupa, pihaknya sedang dalam proses membuat Surat Edaran Bupati Cianjur. Surat itu akan disampaikan berbagai perusahaan di Cianjur.

“Isinya mewajibkan setiap perusahaan melakukan random sampling untuk karyawannya dengan melakukan swab test, kedua, memperketat pengawasan dalam hal prokes lalu berkoordinasi dengan sektor kesehatan atau puskesmas di wilayah kerja masing-masing,” imbuhnya. (kim)