Menjelang Idul Adha, Diskoperindag Cianjur : Tak Dapat Prediksi Kenaikan Harga Komiditi

Pedagang Daging di Pasar Induk Cianjur. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Menjelang perayaan Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli, stok daging sapi dan daging domba di pasar induk Cianjur menipis.

Yayu (39) pedagang sapi mengatakan, stok daging sapi saat ini di pasar Induk Cianjur dengan jumlah sangat sedikit.

“Jadi kan saya beli dari orang terus dijual nah katanya stok daging tersebut sudah mengurang karena mungkin dijual untuk kurban,”katanya.

Menurutnya, harga daging sapi saat ini masih terbilang normal dengan harga Rp120 ribu per kilo.

“Untuk masalah kenaikan kurang tau juga, tapi pasti ada kenaikan soalnyakan stok daging sapi nya sedikit jadi susah juga cari dagingnya,”tuturnya.

Yayu berharap, harga daging sapi menjelang idul adha tidak ada kenaikan yang signifikan.

“Mudah-mudahan harga daging sapi normal. tidak ada kenaikan yang tinggi menjelang beberapa hari idul adha,”ungkapnya.

Lain halnya dengan Usep (45) pedagang daging domba di pasar Induk Cianjur mengatakan, saat ini stok daging domba tinggal sedikit.

“Pedagang daging domba pun saat ini hanya sedikit dan tidak banyak mungkin karena sekarang mau idul adha dan banyak yang kurban,” ungkapnya

Terpisah, Kabid perdagangan Dinas koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Nana Rukmana mengungkapkan, menurutnya harga barang komoditi di sejumlah pasar di Cianjur menjelang Idul Adha masih terbilang normal.

“Untuk kenaikan sendiri belum bisa di prediksi, ya mudah-mudahan tidak ada kenaikan tapi kalau misalkan ada kenaika itu masih bisa di jangkau oleh masyarakat,”bebernya.

Menurut Nana, beberapa komoditi yang biasanya mengalami kenaikan menjelang Idul Adha diantaranya jenis daging, cabai dan telur.

“Jadi komoditi yang naik itu seperti, daging, cabai-cabaian, dan telur,”tandasnya (byu).