Menjelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban Sapi Kebanjiran Pelanggan

Hewan Kurban Sapi mulai diburu masyarakat yang akan melaksanakan ibadah kurban. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Menjelang Idul Adha yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 beberapa peternak hewan kurban sudah mulai bermunculan.

Beberapa pedagang mulai menjajakan penawaran harga hewan kurban untuk kebutuhan masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan kurban di berbagai daerah di Kabupaten Cianjur.

Seorang penjual sapi Wahyu (50) dari Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, mengatakan, kondisi pandemi covid-19 tak terlalu berpengaruh pada penjualan sapi lokal Cianjur.

“Alhamdulillah untuk penjualan gak terlalu berpengaruh dengan adanya Covid 19, masih stabil,”katanya.

Menurutnya Harga hewan sapi lokal kurban untuk Iduladha yang dijual di Kabupaten Cianjur berkisar antara Rp 23 juta sampai dengan Rp 37 juta.

“Harga segitu untuk penjualan sapi yang saya jual masih bisa dinego,” tuturnya.

Menurutnya harga seekor sapi dapat bervariasi tergantung dari berat dan besarnya ketika hendak dijual dan telah dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Peternakan.

“Sapi lokal sebagian dari wilayah Cianjur dan sebagian lagi dari wilayah Jawa Tengah yang sudah dilakukan pemeriksaan,”ungkapnya.

Saat ini menurut Wahyu para pembeli hanya berasal dari sekitar wilayah Cianjur.

“Alhamdulilah saya di sini biasa bertugas menjual, ada beberapa peternak lokal yang menitipkan sapinya untuk dijual dan dijadikan hewan kurban,”jelasnya.

Wahyu optimistis perayaan Iduladha di Cianjur kali ini juga tak menyurutkan warga untuk tetap berkurban dan berbagi kepada warga lainnya.

” Tahun kemarin saja saya dapat ju jual 12 ekor sapi. Kami pun saat ini menyediakan kebutuhan lokal untuk Cianjur, jadi sudah ada pelanggan yang setiap tahunnya juga mencari hewan kurban,”ungkapnya.

Namun berbeda dengan tahun lalu saat ini wahyu baru dapat menjual sembilan ekor sapi yang kepada pelanggan yang dititipkan oleh peternak dari wilayah Cianjur.

“Sudah beberapa hari kami membuat tempat penjualan hewan kurban sapi, ini rutin kami lakukan meski Iduladha masih 20 hari lagi,” pungkasnya. (byu)