Siap Bantu Kemajuan Koperasi, GMNI Cianjur Sowan ke Dekopinda

GMNI Cianjur saat menyambangi Dekopinda untuk sama-sama membicarakan upaya kemajuan koperasi di kabupaten Cianjur. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Guna membantu mewujudkan koperasi yang berevolusi ke era digitalisasi maksimal, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cianjur, menyambangi kantor Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda), Rabu (30/6/2021).

Ketua DPC GMNI kabupaten Cianjur, Muhammad Rizki Novriandi mengatakan, koperasi harus mulai menggunakan teknologi informasi melalui digitalisasi, karena koperasi akan menjadi garda terdepan dalam etalase perdagangan lokal maupun nasional.

Bahkan menurutnya, perlu adanya inovasi dengan menerapkan digitalisasi itu dalam dinamika usaha yang saat ini serta digital.

“Makanya kami bersilaturahmi sekaligus menyampaikan beberapa hal untuk keharmonisan yang terpadu dan terstruktur antara GMNI Cianjur sebagai pemuda yang memiliki ide gagasan di kaum pemuda nasionalisme dengan Dekopinda Kabupaten Cianjur,” tuturnya.

Beberapa langkah pun, lanjutnya, harus segera dilakukan. Seperti diantaranya adalah edukasi kepada masyarakat mengenai peran dan fungsi koperasi di era pandemi Covid saat ini. Sebab hal tersebut, dinilai cukup penting demi mendongkrak perekonomian masyarakat melalui koperasi.

“Jadi ketika koperasi itu dijalankan sesuai dengan komitmen masyarakat yang nantinya bisa menjadi suatu wadah ekonomi kerakyatan, maka kesejahteraan di lingkungan pun akan bisa tercapai,” kata dia.

Sistem ekonomi kerakyatan yang mengandung makna sistem ekonomi partisipatif inilah, yang nantinya bisa memberikan akses sebesar-besarnya secara adil dan merata bagi seluruh lapisan masyarakat. Baik dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi nasional. Serta bisa meningkatkan
kapasitas dan pemberdayaan masyarakat.

“Jadi dalam suatu sistem itu, mekanisme penyelenggaraan yang senantiasa memperhatikan fungsi sumber daya alam dan lingkungan sebagai pendukung
kehidupan itulah yang diperlukan, guna mewujudkan kemakmuran yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” terangnya.

“Secara berkelanjutan, hal ini tentu terkandung dalam pemikiran dasar sistem ekonomi kerakyatan sebagaimana yang inheren termaktub dalam filosofi dasar negara kita yaitu Pancasila,” sambungnya.

Pihaknya berharap, koperasi kedepan akan mampu menjadi tulang punggung perekonomian yang makin handal. Mampu berkembang sebagai badan usaha sekaligus menjadi gerakan ekonomi rakyat yang sehat, tangguh, kuat serta mandiri.

“Koperasi kedepan kami berharap, bisa menjadi wadah yang efektif untuk menggalang kekuatan ekonomi rakyat di semua kegiatan atau sektor perekonomian,” tandasnya.

Ketua Dekopinda Kabupaten Cianjur, Hugosiswaya mengatakan, peran pemuda dalam mengedukasi koperasi sebagai miniatur pemerintah di bidang ekonomi dan lainnya, ini sangat sentralistik.

Menurutnya, kaum muda seperti ini, harus ikut berperan aktif dalam kemakmuran ekonomi kerakyatan.

“Jadi peran koperasi itu memang harus mendahulukan keperluan bersama dan menomorduakan kepentingan individual,” kata dia.

Oleh karenanya, koperasi pun tentu memiliki fungsi lain sebagai wadah perekonomian warga, tetapi bisa mendidik masyarakat dalam hal mengurus kepentingan bersama.

“Ini mesti menjadi perhatian bersama, supaya perekonomian masyarakat khususnya di masa pandemi dan pasca itu bisa kembali menggeliat,” tukasnya. (dan)