Jelang PPKM Mikro, Satgas Covid-19 Desa Batulawang Lakukan ‘Gejrot’

Petugas gabungan bersama tim gugus tugas Covid-19 Desa Batulawang laksanakan 'Gejrot'. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 jelang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro, petugas gabungan bersama tim gugus tugas Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur lakukan gerakan jum’at penyemprotan disinfektan atau Gejrot.

Kepala Desa Batulawang, H. Nanang Rohendi mengatakan, aksi tersebut merupakan ikhtiar bersama mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Desa Batulawang.

“Kami laksanakan ‘Gejrot’ kali ini di beberapa fasilitas umum. Supaya pelaksanaan PPKM Mikro bisa terlaksana secara maksimal,” kata Nanang, Jum’at (2/7/2021).

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya, di SDN 1 Loji, Masjid Jami Al-Barokah, dan Masjid Al-Anwariyyah yang berada di Kampung Cisereh, dan Cikole jelang pelaksanaan Shalat Jumat.

“Sebelum digunakan shalat Jumat, kami sengaja semprot menggunakan cairan disinfektan, dalam upaya pencegahan penyebaran Corona,” ujarnya.

Babinkamtibmas Desa Batulawang, Aiptu Yayat Hidayatulloh, mengatakan penyemprotan cairan disinfektan ini sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan untuk mendukung pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berbasis mikro.

“Hari ini kami bersama-sama turun ke sejumlah tempat untuk melakukan penyeprotan di lingkungan luar dan dalam fasilitas umum,” ujar Yayat.

Selain itu, ia juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat, agar selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Kami berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan 5M, seperti memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan dengan sabun, serta menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, supaya penyebaran Covid-19 bisa ditekan,” tandasnya.

Tak hanya itu, turut ikut serta dalam pelaksanaan, Babinsa Desa Batulawang, Pelda Usep Munandar, tim Gugas Covid 19 serta karang taruna dan Retana desa. (dan)