Cegah Penimbunan Oksigen, Polres Cianjur Bentuk Timsus

Ilustrasi tabung oksigen

RADARCIANJUR.com– Polres Cianjur bentuk tim khusus untuk memastikan ketersediaan dan mencegah penimbunan tabung oksigen di setiap wilayah di Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut karena adanya lonjakan kasus COVID-19 sehingga kebutuhan tabung oksigen mengalami peningkatan.

Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai, mengatakan tim khusus itu terdiri dari personel satreskrim dan Sat Intel Polres Cianjur.

“Jadi dari minggu lalu sudah dibentuk tim khusus. Akan memantau dan melakukan penyelidikan jika terjadi kelangkaan, apalagi hingga terjadi penimbunan,”katanya.

Rifai menjelaskan, tugas dari timsus tersebur tidak hanya mengecek ke setiap apotek ataupun penjualan tabung oksigen, namun juga memantau di tingkat distributor.

“Distributor kita cek. Tidak hanya distributor oksigen tapi sampai obat-obatan,”jelasnya.

Kedepannya Rifai mengaku tidak akan segan menindak tegas pelaku penimbunan oksigen di tengah kondisi pandemi COVID-19

“Sama saat terjadi peningkatan kebutuhan masker, kalau ada yang timbun tabung oksigen pasti kita tindak tegas,”ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan untuk ketersediaan oksigen di rumah sakit dipastikan aman untuk sepekan ke depan.

Namun untuk di sejumlah apotek, Pemkab akan mencari tahu penyebab minumnya stok.

“Kalau untuk RS, terutama ruang isolasi dan ICU aman hingga sepekan ke depan. Untuk apotek kita cek, kita upayakan agar stoknya juga aman,” tandasnya (byu)