Dana PPKM Mikro Darurat Resmi Dibagikan, Awas Ada Pungli!

Bupati H. Herman Suherman mengunjungi Desa Nagrak untuk melihat proses pemberian bantuan dana PPKM Mikro Darurat. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur.

RADARCIANJUR.com- Bantuan dana tunai PPKM Mikro Darurat mulai dibagikan kepada masyarakat penerima.

Bantuan yang di berikan kepada warga berpenghasilan rendah yang terdampak akibat diberlakukannya PPKM Darurat Mikro di Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cianjur H.Herman Suherman di sela-sela kunjungannya di Desa Nagrak Kecamatan Cianjur, Selasa 06/07/2021.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, pemberian dana tunai yang mulai diberikan kepada masyarakat sesuai rencana dengan peraturan perundangan-undangan berlaku.

“Masyarakat yang akan menerima harus terlebih dahulu terdaftar di DTKS dikurangi Penerima BNPT, dikurangi Penerima PKH dan BLT Desa,”katanya kepada Radar Cianjur.

Herman menjelaskan, penerima bantuan dana tersebut akan diberikan dengan nominal 200 ribu rupiah perorang dan saat ini masyarakat penerima mencapai hampir 28.000 dengan total anggaran 5 milyar dan masih dapat bertambah.

“Hari ini (red : Selasa 06/07/2021) pembagian dana tunai serentak, kita bantu masyarakat untuk kebutuhan kehidupan selama PPKM mikro darurat dengan jumlah warga penerima bervariasi. Di Desa Nagrak saja hampir 400 orang, ada yang di Desa lain itu 40, 50 bahkan ada yang 500,”jelasnya.

Lanjut Herman, ada mekanisme tersendiri agar masyarakat mendapatkan dana bantuan tunai PPKM mikro darurat dengan mendaftarkan terlebih dahulu di program Six And G di Desa setempat.

“Silahkan Masyarakat mendaftar di program Six And G, nanti teknik pencairan dananya dari Bank Jabar di transfer ke Desa Melalui sistem agar tidak ada kebocoran dan di kurangi,”ungkapnya.

Selain itu Herman mengaku, telah menerima usulan penerima bantuan di luar data DTKS.

“Banyak usulan dari beberapa pihak agar penerima di luar data DTKS. Tapi saya tegas tetap yang akan di bantu harus mendaftar DTKS,”bebernya.

Saat ini menurutnya, untuk melakukan pengawasan dan penindakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres dan Kejari.

“Untuk menghindari pungli dan kecurangan saya sudah berkoordinasi dengan Polres dan Kejari, akan ditindak tegas,”tandasnya. (byu)