Disdikbud Cianjur Ikuti Program IHT

Kegiatan Disdikbud Bersama Sekolah Dasar (SD) Terpilih mengikuti program In House Training (IHT) melalui daring

RADARCIANJUR.com- Lima sekolah tingkat sekolah dasar (SD) di Kabupaten Cianjur mengikuti program In House Training (IHT) dan berlangsung selama delapan hari.

Kabid SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Sukirman mengatakan, program tersebut dibuka langsung oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Cianjur, dan disaksikan oleh 24 kepala sekolah yang termasuk kepala sekolah.

“Kegiatan hari ini (kemarin, red) ini tadi pagi di SD Islam kreatif dilaksanakan kegiatan zoom meeting pembukaan IHT tentang sekolah penggerak di Kabupaten Cianjur terkait dengan jenjang sekolah dasar,”katanya.

Sukirman menjelaskan, program sekolah penggerak merupakan episode ke 7 merdeka belajar yang digulirkan oleh pemerintah pusat untuk kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

“Alhamdulillah delapan hari ke depan itu ada lima sekolah yang mengikuti IHT dan ada yang mengikuti penguatan. Yang mengikuti penguatan karena memang rombelnya kurang dari satu atau tidak pararel,”tuturnya.

Sukirman menjelaskan, teknik IHT dilaksanakan secara online/daring, karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan tatap muka.

“Sebagaimana diketahui bahwa sekolah penggerak itu adalah sekolah yang berfokus pada hasil pengembangan siswa secara holistik dengan mewujudkan profil Pancasila, yang mencakup kompetensi dan karakter,”ujarnya.

Ia melanjutkan, program tersebut berfokus pada SDM yang unggul seperti kepala sekolah dan guru di sebuah sekolah untuk memenuhi kriteria tentang bagaimana peningkatan mutu pendidikan.

Program sekolah penggerak mensukseskan dan mengakselerasikan sekolah untuk bergerak satu sampai dua tahap lebih maju dari satu sampai dua tahun ke depan.

“Artinya sekolah penggerak ini harus berbeda dengan sekolah yang lainnya. Program sekolah penggerak terdiri dari lima intervensi yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan,”pungkasnya. (byu)