Luhut: Kalau Ada Yang Semua Tak Terkendali Itu Tidak Benar

Koordinator PPKM Darurat Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan

RADARCIANJUR.com – Koordinator PPKM Darurat Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan terkait kondisi terkini penanganan kasus Covid-19. Menurutnya, pengendalian Covid-19 saat ini cukup terkendali meskipun angka penularan masih akan terus mengalami lonjakan.

“Ini angka penularan bisa akan terjadi seperti hari kemarin 29.000, bisa saja mungkin nanti kita sampai ke 40.000 ataupun lebih,” ujar Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (6/7).

Luhut memaparkan, antisipasi dan langkah pemerintah terhadap lonjakan kasus Covid-19 yang masih akan terus terjadi. Meskipun ada beberapa skenario untuk menurunkannya yaitu PPKM Darurat serta pengadaan obat dan alat kesehataan.

“Oleh karena itu berbagai skenario untuk menghadapi itu tadi sudah kita lakukan. Baik mengenai obat mengenai oksigen maupun tadi rumah sakit,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga telah berkomunikasi dengan pemerintah negara lain seperti Singapura dan Tiongkok serta beberapa sumber lain untuk bantuan.

“Jadi sebenarnya semua secara komprehensif sudah kita lakukan. Nah kita juga sudah menyiapkan metode monitoring PPKM darurat melalui indeks mobilitas dan cahaya malam. kita engage Facebook mobility dan Google trafic serta cahaya malam dengan Nasa,” jelasnya.

Sehingga, kata Luhut, pemerintah dapat melihat apakah pelaksanaan daripada PPKM ini dapat dilaksanakan dengan baik atau tidak. Melalui indeks mobilitas gabungan pada periode PPKM darurat, yang akan dibandingkan dengan periode lain yaitu 24 Mei sampai 6 Juni 2021 maka dapat terlihat perbedaan dan keefektifitasannya.

Bahkan, Luhut menambahkan, menurut analisisnya, dibutuhkan penurunan mobilitas minimal 30 persen. Hal tersebut juga sudah dilakukan koordinasi kepada semua kepolisian maupun TNI untuk dan para pemerintah daerah termasuk Gunernur dan juga para Bupati dan Walikota.

“Kalau kita bisa, tadi mobilitas ini bisa kita atur sampai minus 30 tapi yang paling baik adalah minus 50. karena minus 50 itu menghadapi virus Korona barian delta. Minggu depan akan kita cek lagi kemudian kita melihat akan secara perlahan nanti angknya semoga mulai menurun,” jelasnya.

Menurut Luhut, dengam berbagai upaya tersebut, dirinya tidak menampik jika ada yang mengatakan penanganan Covid-19 todak terkendali maka pernyataan tersebut keliru. Ia mengaku, semua persoalan dapat diselesaikan satu per satu.

“Jadi ini semua kerja sama kita , jadi kalau ada yang bilang semua tidak terkendali sangat tidak benar. bahwa ada masalah, sangat banyak masalah, tapi masalah ini satu persatu kami kira kita selesaikan dengan baik,” pungkasnya.(mg/jpc)