Masyarakat Cianjur Bisa Dapat Bantuan Tunai, Tapi Ada Syaratnya

RADARCIANJUR.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur saat ini tengah mempersiapkan bantuan bagi masyarakat yang memilik penghasilan rendah untuk membantu meringankan ekonomi masyarakat yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro darurat di Kabupaten Cianjur.

Namun, tidak semua masyarakat yang bisa mendapatkan bantuan tersebut. Persyaratannya yakni masyarakat yang terdapat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Dinas Sosial Kabupaten Cianjur.

“Iya tidak semuanya mendapatkan bantuan tunai, karena akan dikhususkan bagi warga yang berpenghasilan rendah,” ujar Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Selain itu, catatan lainnya pun masyarakat yang belum mendapatkan bantuan atau tidak menerima bantuan dari program PKH BPNT dan BLT desa

“Kami menghimbau kepada aparatur Rt, Rw dan pemeirntahan tingkat desa untuk tidak mengajukan calon bantuan tunai dari kalangan warga mampu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Daya Sosial Dinas Sosial Kabupahen Cianjur, Surya Wijaya mengatakan, hanya masyarakat yang memenuhi empat persyaratan berhak menerima bantuan tunai dalam rangka PPKM Darurat Covid 19.

Pertama, terdaftar di DTKS, kedua Memiliki Nomor Induk Keluarga (NIK), ketiga tidak pernah mendapatkan bantuan dari program sosial sebelumnya (PKH, BPNT maupun BLT Desa) dan keempat, mengisi formulir di Dessa masing-masing.

“Kami saat ini lagi melalukan verifikasi, karena semuanya harus berdasarkan persyaratan yang sudah ditentukan,” terangnya.

Jika nantinya di desa mengajukan masyarakat untuk mendapatkan bantuan tanpa memenuhi syarat serta tidak tercantum di DTKS, maka tidak menerima bantuan tunai.

“Sehingga nantinya tidak mendapatkan bantuan dua kali atau double, ini untuk yang belum mendapatkan bantuan,” tutupnya. (kim)