Terapkan Perda, Puluhan Toko di Cipanas Disambangi Petugas

Petugas gabungan tengah mengimbau pelaku usaha sandang yang masih buka di wilayah Kecamatan Cipanas pada saat PPKM darurat. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Demi menerapkan peraturan daerah (Perda) tentang pemberlakuan PPKM darurat di wilayah Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, petugas gabungan mulai dari Satpol-PP, kepolisian, yang dibantu TNI, mendatangi puluhan toko sandang atau non pangan, Selasa (6/7/2021).

Hal tersebut menyusul dikeluarkannya surat pengumuman dari Pemkab Cianjur melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-pp) kabupaten Cianjur tentang jam operasional pelaku usaha serta penutupan beberapa pedagang.

“Kami bersama kepolisian yang dibantu petugas lainnya menyambangi sejumlah toko pakaian, tas, busana, dan sejenisnya supaya diimbau untuk menutup sementara usahanya selama PPKM darurat berlangsung,” kata Kepala seksi (Kasie) Trantib Pol-PP Kecamatan Cipanas, H. Cholis, Selasa (6/7).

Dengan adanya aturan tersebut, lanjutnya, penanggulangan penyebaran Covid-19 di kabupaten Cianjur khususnya di wilayah Cipanas bisa diminimalisir secara maksimal.

“Jadi tentu ini diharapkan bisa menekan angka penyebaran Covid-19 selama PPKM darurat berjalan. Kecuali para pedagang pangan atau sembako, yang memang masih bisa terus berjualan. Itupun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Penerapan jam operasional bagi para pelaku usaha pangan pun, tentunya dilakukan dengan cara dibatasi hingga pukul 20.00 WIB.

“Untuk pasar swalayan, toko kelontong, jasa binatu atau laundry, supermarket dan minimarket, Apotik serta toko obat dan pelayanan kesehatan dapat buka selama 24 jam. Dengan membatasi jumlah pengunjung hingga 50 persen,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan adanya hal ini diharapkan, para pelaku usaha dan masyarakat secara umum dapat lebih memiliki kesadaran akan aturan yang berlaku.

“Kami berharap semua pihak termasuk masyarakat bisa lebih sadar akan aturan pemerintah ini. Sehingga pandemi Covid di muka bumi ini segera usai,” pungkasnya. (dan)