77 Desa di Cianjur Bakal Gelar Pilkades Serentak

Pilkades

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 77 desa di Kabupaten Cianjur akan melaksanakan pemilihan kepada desa (Pilkades) serentak pada tahun 2022 mendatang.

Namun untuk tanggal pelaksanaannya masih menunggu keputusan Bupati Cianjur H.Herman Suherman.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial mengatakan, Pilkades serentak yang akan di gelar di masa pandemi belum diketahui pasti tanggal berlangsungnya.

“Ini masih belum diketahui kapan waktunya. masih kami rancang kurang lebih selama 6 bulan terhitung mulai dari Februari. Mudah-mudahan pada Juli bisa terlaksana pemilihan serentak, agar tidak mengganggu pelantikan akibat masa jabatan yang belum selesai,”katanya.

Danial menyebut, saat ini jumlah desa yang jabatannya kosong ada tujuh desa. Sementara lima kepala desa dikabarkan meninggal dunia dan 2 lainnya dalam masa Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Dua diantaranya meninggal akibat Covid-19 dan tiga lainnya murni karena sakit. Jabatan kosong tersebut diisi oleh Plt Sekretaris Desa, sebelum menunggu turunya Pjs dari kecamatan,” ungkapnya.

Menurut Danial, sebelumnya ada tiga orang yang lulus PPPK/P3K, namun diantaranya mengundurkan diri dan lainnya tetap menjalankan tugas sebagai kepala desa dan akan melaksanakan Penggantian Antar Waktu (PAW).

“Dalam pergantian tersebut, pengganti akan melaksanakan PAW apabila kades sebelumnya melaksanakan pilkades yang mana masa jabatannya belum selesai. Yakni lebih dari satu tahun, apabila kurang dari satu tahun maka boleh melaksanakan pilkades baru,”tuturnya.

Danial menjelaskan, dari ke lima desa tersebut ada tiga desa yang melaksanakan PAW.

‘Diantaranya Desa Cikondang, Desa Ciwalen, dan Desa Sukaresmi. Lain halnya dengan Desa Wangunjaya yang harus melaksanakan Pilkades baru karena masa jabatan habis,”tandasnya (byu)