Jalan Beton 1.000 Kilometer di Cianjur Bisa Tercapai dalam Lima Tahun

JALAN MULUS: Bupati Cianjur, Herman Suherman memantau proses pembangunan jalan beton yang ditargetkan 1.000 kilometer. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Program 100 hari kerja Bupati Cianjur dan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman-TB Mulyana Syahrudin tetap dilakukan sebagai pemenuhan janji politik. Bertempat di Desa Bojong Kecamatan Karangtengah, Bupati Cianjur melakukan pengecekan jalan yang tengah dilakukan betonisasi.

Bahkan, bukan hanya melakukan pengecekan saja. Orang nomor satu di Cianjur tersebut pun sampai turun untuk ikut ‘ngecor’.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, meski dalam kondisi pandemi, pihaknya tidak menggunakan dana pembangunan untuk bidang perbaikan jalan.

“Untuk dana pembangunan saya tidak masukan ke dalam refocusing anggaran Covid-19, karena jalan sangat penting untuk pembangunan ekonomi, sehingga pembangunan jalan ini kita sebut Jalapeno atau jalan untuk penunjang ekonomi,” ujarnya.

Lanjutnya, jalan ini ditargetkan selesai hingga lima tahun dengan total jalan 1.000 kilometer jalan beton. Jalan tersebut diawali di Kecamatan Karangtengah.

“Insya allah ini akan setiap tahun kita lakukan pembangunan jalan beton,” terangnya.

Kualitas jalan pun dijamin sudah sesuai dengan ditentukan dengan kualitas bagus.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar menambahkan, pengelolaan pembangunan jalan beton tersebut diyakini sesuai target.

Mengenai pengerjaan dibagi oleh masing-masing dinas. Untuk jalan kabupaten ditangani oleh PUPR, jalan lingkungan Dinas Kimrumtan dan jalan desa oleh desa sekitar jalan.

“Jadi berbagi peran, sehingga kumulatifnya dalam lima tahun kedepan mencapai 1.000 kilometer,” paparnya.

Selain pembangunan, pemeliharaan turut masuk dalam pengelolaan dan pembangunan. Sementara mengenai target, dalam setahun untuk pemeliharaan 350 kilometer dan pembangunan atau peningkatan 113 kilometer.

“Dari semua diakumulasikan jika selama lima tahun insya allah bisa tercapai,” tutupnya. (kim)