Stok Oksigen di RSUD Cimacan Aman

RSUD Cimacan Cipanas.(foto:ist)
RSUD Cimacan Cipanas.(foto:ist)

RADARCIANJUR.com – Ketersediaan oksigen (O2) di Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Cimacan, kabupaten Cianjur saat pandemi Covid-19 meningkat, dinyatakan aman.

“Alhamdulillah sampai dengan saat ini kami masih memiliki ketersediaan O2 yang cukup,” ujar Kasubag Umum dan Kepagawaian RSUD Cimacan, Endri Cedo Nufli saat dihubungi, Kamis (8/7/2021).

Bahkan, lanjutnya, beberapa hari yang lalu, baru dilakukan penambahan stok oksigen cair dalam rangka memenuhi kebutuhan oksigen sentral yang disalurkan ke ruangan-ruangan.

“Alhamdulillah terkait ini kami mendapat perhatian juga dari pihak kepolisian yang menanyakan kaitan ketersediaan oksigen tersebut. Bahkan turut membantu untuk memastikan agar setiap rumah sakit di Jawa Barat tidak mengalami kekurangan,” kata dia.

Berdasarkan laporan yang diterima, lanjutnya, pemakaian O2 dalam sehari kurang lebih bisa mencapai 445 M³

“Stok kami saat ini mencapai 2337 M³. Bahkan untuk malam ini akan ada refill O2 yang diterima RSUD. Makanya untuk stok pun insya Allah bakalan mencukupi,” ucapnya.

Ia menambahkan, pengisian terakhir yang dilakukan pihaknya adalah pada tanggal 4 Juli belum lama ini. Dimana untuk liquid angka saat ini dengan pemakaian penjumlahannya adalah 3.848 M³. Sedangkan untuk tabung secara penjumlahan keseluruhan di Minggu (4/7), sejumlah 315 M³.

“Ya perhitungan kami rata-rata perharinya kurang lebih bisa mencapai 445 M³,” jelasnya.

Pihaknya berharap, penerapan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Cianjur ini bisa terlaksana dengan baik oleh semua pihak.

Termasuk, ia mengajak kepada masyarakat, supaya terus mematuhi anjuran pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan pandemi ini bisa segera berlalu, dan masyarakat pun tentunya bisa sama-sama mentaati anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan,” tandasnya. (dan)