Perpanjangan SKCK di Masa PPKM Darurat Menurun

PERPANJANGAN: Warga Cibodas melakukan perpanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polsek Pacet. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Seorang warga Desa Cibodas Kecamatan Pacet bernama Esih (24) melakukan perpanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Makopolsek Pacet, saat pemberlakuan PPKM darurat, Jum’at (9/7/2021).

Dirinya mengaku, perpanjangan SKCK tersebut dilakukan untuk melengkapi berkas lamaran atau CV yang akan ia kirimkan ke salah satu perusahaan dalam melamar pekerjaan.

“Iya pak, ini perpanjangan SKCK yang kedua. Pertama saya buat sudah beberapa tahun lalu, dan sekarang perpanjangan lagi. Berarti ini pembuatan SKCK yang ketiga,” ungkapnya saat ditemui, Jum’at (9/7) di Mapolsek Pacet.

Ia mengatakan, perpanjangan ini dibuat untuk melengkapi persyaratan dalam melamar pekerjaan ke salah satu minimarket di wilayah Cipanas Pacet.

“Rencananya mau melamar kerja ke minimarket di Pacet. Mudah-mudahan saja ikhtiar ini bisa menghasilkan sesuatu yang baik bagi saya,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang petugas di kantor Interkam Polsek Pacet yang enggan disebutkan namanya mengatakan, pelayanan bagi masyarakat yang hendak membuat SKCK baru maupun perpanjangan, masih dibuka. Namun, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak berkerumun.

“Selama PPKM darurat ini memang tidak begitu banyak juga masyarakat Cipanas maupun Pacet yang datang ke sini. Paling hanya beberapa saja. Itupun bergiliran, kadang satu atau dua orang,” ujarnya.

Ia menambahkan, pasca pemberlakuan PPKM darurat di Cianjur ini, kunjungan warga yang ingin membuat SKCK perharinya hanya berkisar mencapai 10 hingga 20 orang.

“Paling banyak dalam sehari hanya mencapai sepuluh hingga 20 orang yang datang. Memang terjadi penurunan. Tapi sebelum PPKM darurat, bisa mencapai 50 orang,” kata dia. (dan)