Akibat Korsleting Listrik Dua Rumah di Sukaluyu Ludes Terbakar

HANGUS TERBAKAR: Puing-puing rumah warga yang habis terbakar kampung Bengkok RT 02 RW 08 Desa Sukaluyu, Kecamatan Sukaluyu. Foto : Istimewa

RADARCIANJUR.com – Dua unit rumah di kampung Bengkok RT 02 RW 08 Desa Sukaluyu, Kecamatan Sukaluyu hangus terbakar.

Diketahui peristiwa yang terjadi pada hari Jumat, 09/07/2021 pada pukul 12.15 membuat rumah warga Unang (51) dan Sopian (41) saat ini hanya menyisakan puing-puing bangunan yang habis terbakar.

Menurut informasi yang dihimpun Radar Cianjur, musibah kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik dari salah satu rumah ketika ditinggal pemiliknya untuk pergi melaksanakan salat Jumat.

Sopian pemilik rumah tersebut mengatakan, menurut keterangan salah satu keluarganya kebakaran tersebut bermula dari kabel pompa air di rumahnya.

“Dari pompa air ada kabel yang korslet sehingga menjalar ke beberapa bagian rumah,” katanya.

Selain itu, api yang membesar kemudian membakar salah satu bangunan rumah milik Sopian.

“Selain rumah saya api juga membakar rumah tetangga saya,” tuturnya.

Terpisah, Sekdes Desa Sukaluyu Zenal Muttaqin mengatakan, dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayahnya tidak menimbulkan korban jiwa.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, karena keluarga korban kebakaran ketika terjadi peristiwa itu cepat-cepat keluar rumah, dan mengungsi ke rumah tetangga terdekat,” kata Zenal.

Menurutnya, api yang membesar baru dapat dipadamkan beberapa jam kemudian dengan bantuan warga sekitar, perangkat desa serta petugas pemadam kebakaran.

“Pemadaman apinya agak sulit, soalnya banyak warga laki-laki sedang melaksanakan salat Jumat dan Alhamdulillah setelah pulang salat Jumat dengan upaya bersama-sama api dapat dipadamkan,” ungkapnya.

Akibat peristiwa tersebut pemilik rumah yang terdampak kebakaran mengalami kerugian dengan taksiran Rp300 juta.

“Kami sudah berupaya mengajukan kepada Dinas Sosial Kabupaten Cianjur agar ada upaya bantuan untuk membantu membangun kembali rumah korban,” tandasnya.(byu)