Antisipasi Kelangkaan Tabung Oksigen, RSUD Pagelaran Ciptakan Sendiri

KREATIF: Tabung dengan kadar oxygen 25 persen untuk mengantisipasi kelangkaan yang diciptakan RSUD Pagelaran. Foto : istimewa

RADARCIANJUR.com – Maraknya kasus penimbunan oksigen membuat berbagai pihak terutama pemerintah melakukan antisipasi berbagai langkah.

Seperti halnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pagelaran dengan menciptakan sendiri dengan kadar oksigen 25 persen untuk mengantisipasi kelangkaan.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, segala sesuatunya harus dipersiapkan, termasuk skenario terburuk sekalipun.

“Salah satunya menyediakan altenatif dengan menciptakan oksigen dari peralatan yang cukup sederhana yang dilakukan Plt Dirut RSUD Pagelaran,” katanya.

Menurutnya pembuatan oksigen buatan itu hanya digunakan pada saat darurat saja jikalau persediaan tabung oksigen sedang habis di rumah sakit.

“Tapi InsyaAllah persediaan tabung oksigen di Cianjur cukup memadai pada saat ini dan ke depannya,” terangnya.

Sementara itu, Plt Dirut RSUD Pagelaran, dr. Jan Izaac Ferdinandus, Sp.S, membenarkan pihaknya melakukan inovasi membuat oksigen buatan bersama rekan kerjanya.

“Iya betul, kita buat oksigen buatan yang berbahan dasar airator yang suka dipakai di aquarium,”ungkapnya.

Jan Izaac menjelaskan, dasar dari pembuatan alat penghasil oksigen sudah diuji dan mampu meningkatkan saturasi seseorang, ternyata bermanfaat disaat darurat.

“Alat ini bisa bermanfaat saat darurat pasien ketika membutuhkan oksigen, meski kadar oxygen hanya 25 persen,” tandasnya.(byu)