Cianjur Antisipasi Kelangkaan Oksigen. Akan Ajukan ke Pemprov Jabar

Ilustrasi tabung oksigen (istimewa).

RADARCIANJUR.com – Oksigen menjadi barang langka di tengah kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia. Bahkan, beberapa daerah mulai kesulitan untuk mendapatkan oksigen. Tak sedikit juga masyarakat sampai harus mencari hingga ke luar kota. Di Kabupaten Cianjur, saat ini ketersediaan oksigen di sejumlah rumah sakit masih memadai dan mencukupi.

Selain itu, beberapa rumah sakit pun membuat inovasi untuk oksigen buatan, sehingga di tengah sulit masih bisa teratasi. Akan tetapi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur akan berupaya agar di Cianjur ketersediaan oksigen terjamin.

Jubir Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, pihaknya menjamin ketersediaan oksigen, meskipun kasus Covid-19 belum terjadi penurunan.

“Masih aman kondisi ketersediaan oksigen, meski demikian tetap harus waspada antisipasi dengan berkomunikasi ke vendor oksigen,” ujarnya.

Yusman menambahkan, meski aman, pihaknya akan melakukan pengajuan oksigen ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Rencananya kita akan mengajukan ke Pemprov Jabar untuk oksigen sebagai antisipasi juga,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy menambahkan, kondisi ketersediaan di rumah sakit daerah aman terkecuali di RSUD Pagelaran. Meskipun saat ini tengah berinovasi oksigen buatan.

“Memang aman kecuali di Pagelaran, tapi saat ini rumah sakit juga sudah berinovasi membuat oksigen seperti Cimacan dan Pagelaran,” paparnya.

Dinkes Cianjur akan bersiap mengajukan sebelum terjadinya kesulitan oksigen untuk di rumah sakit bagi pasien Covid-19.

“Insya Allah kita akan rencanakan pengajuan ke provinsi,” tutupnya. (kim)