Ini Alasan BUMN Dibalik Rencana Vaksin Berbayar

RADARCIANJUR.Com staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga buka suara terkait rencana pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi gotong royong individu. Menurutnya, tujuan dari kebijakan tersebut adalah untuk mencapai percepatan pelaksanaan vaksinasi Indonesia dan pembentukan kekebalan komunal alias herd immunity (HI).

“Jadi ini adalah bagian dari langkah-langkah supaya vaksinasi bisa dikerjakan dan dilaksanakan dengan cepat. Target kita adalah HI tercapai,” ujarnya kepada wartawan, Senin (12/7).

Demi tercapainya tujuan tersebut, kata Arya, penyelenggaraan vaksin Gotong Royong bukan hanya dikakukan oleh perusahaan saja, namun masyarakat dapat ikut serta membantu percepatan vaksinasi nasional.

“Ini kan Kemenkes sudah mengeluarkan aturan teknis mengenai vaksin Gotong Royong diperbolehkan tidak hanya untuk perusahaan tapi untuk individu,” tuturnya.

Meskipun demikian, Arya menyampaikan, vaksinasi gratis yang dilakukan oleh pemerintah tetap terus berjalan. Hal itu dapat dilihat dari beberapa sentra vaksinasi yang dapat diakses oleh masyarakat luas.

“Jadi ini adalah langkah-langkah yang dilakukan. Tujuan kita adalah supaya vaksinasi semakin cepat terjadi di masyarakat dan semakin cepat dilaksanakan. Jadi banyak pilihan,” pungkasnya.(mg/jpc)