Minions Bertemu Lee/Wang, Kekhawatiran Herry IP Terbukti

RADARCIANJUR.Com Setelah World Tour Finals (WTF) 2020 pada Januari lalu, pelatih Herry Iman Pierngadi sempat berharap The Minions bisa bertemu Lee Yang/Wang Chi-lin sebelum Olimpiade Tokyo 2020 dimulai.

Sayang, keinginan itu tak terealisasi karena batalnya berbagai turnamen.

Kini kekhawatiran itu terjadi. Malah, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo langsung berada satu grup dengan Lee/Wang. Dari hasil drawing Kamis (8/7), mereka berada pada grup A bersama dengan Ben Lane/Sean Vandy serta Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Harapan pelatih berjuluk Naga Api itu beralasan. Pasalnya, pada turnamen awal tahun ini, Lee/Wang sangat perkasa. Setelah setahun tanpa turnamen, mereka berhasil menyapu bersih dua gelar Asian Leg dan WTF 2020.

”Hasil drawing kami tidak bisa memilih. Pastinya nanti ketemu juga (Lee/Wang, Red). Hanya, ini terjadi di fase grup. Kalau tidak, bisa perempat final atau seterusnya. Jadi, siapa pun lawannya memang harus disiapkan,” kata Herry IP saat dihubungi Jawa Pos.

Ganda putra ranking ketiga dunia itu juga tercatat dua kali mengalahkan M. Ahsan/Hendra Setiawan dalam turnamen yang berlangsung di Bangkok, Thailand, tahun ini. Dengan hasil itu, Herry IP ingin memastikan bagaimana performa Minions jika menghadapi Lee/Yang nanti.

Sebenarnya, dari hasil head-to-head, Marcus/Kevin lebih unggul. Dari tiga kali pertemuan yang terjadi, mereka selalu menang. Hanya, pertemuan terakhir terjadi pada semifinal All England 2020. Saat itu Marcus/Kevin menang 21-18, 21-13.

Setelah itu, mereka absen turnamen hingga setahun lebih. Marcus/Kevin tidak bisa mengikuti turnamen di Thailand. Saat comeback di All England 2021 pun terkendala. Sementara itu, selama setahun terakhir, Lee/Yang mengalami perkembangan pesat. Mereka bahkan berhasil naik empat peringkat.

Selain Minions, Ahsan/Hendra mendapat hasil undian yang cukup berat. Mereka berada di grup D bersama Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae, dan Jason Anthony Ho-shue/Nyl Yakura.

Choi/Seo cukup merepotkan bagi pasangan berjuluk The Daddies itu. Pada pertemuan terakhir mereka, The Daddies unggul 23-21, 21-13. Namun, secara head-to-head, The Daddies masih kalah 1-3.

”Hasil drawing sudah transparan dan memang seperti itu perolehannya. Saya rasa peluang akan tetap ada. Tinggal bagaimana menyiapkan strateginya,” lanjut Herry IP.

Grup A
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
Lee Yang/Wang Chi-lin (Taiwan)
Ben Lane/Sean Vendy (Inggris)
Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India)

Grup B
Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang)
Anders Skaarup/Kim Astrup (Denmark)
Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia)
Anuoluwapo Juwon/Godwin Olofua (Nigeria)

Grup C
Li Junhui/Liu Yuchen (Tiongkok)
Keigo Sonoda/Takeshi Kamura (Jepang)
Mark Lamsfuss/Marvin Siedel (Jerman)
Phillip Chew/Ryan Chew (Amerika Serikat)

Grup D
M. Ahsan/Hendra Setiawan
Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)
Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae (Korea Selatan)
Jason Anthony Ho-shue/Nyl Yakura (Kanada)(mg/jpc)