Pemerintah Siapkan Obat Gratis untuk Warga Miskin Sedang Isoman

RADARCIANJUR.com Warga miskin atau tidak mampu sedang terpapar Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri (isoman)? Jangan khawatir, sebentar lagi pemerintah siap membantu Anda dengan bantuan obat gratis.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan langkah untuk memberikan bantuan obat gratis yang ditujukan kepada warga tidak mampu.  Persiapan pembagian obat gratis untuk warga miskin yang terpapar Covid-19 itu telah difinalisasi oleh Koordinator PPKM Darurat Provinsi Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan pada Minggu (11/7).

Luhut menegaskan bahwa syarat untuk mendapatkan obat gratis dari pemerintah itu harus menunjukkan hasil tes swab PCR. Untuk itu, Satgas PPKM Darurat Jawa-Bali bakal berkoordinasi dengan Kepala Pusat Kesehatan (kapuskes) TNI Mayjen Tugas Ratmono dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Nanti 2.200 dokter yang direkrut dan dikoordinasi oleh Pak Tugas (Kapuskes TNI) dipimpin Panglima TNI. Bisa atur semua flow (alur) ini, dan selalu dikoordinasikan dengan Kemenkes,” ujar Menko Maritim dan Investasi itu dalam keterangannya, Senin (12/7).

Luhut menyebut,  sasaran distribusi obat gratis adalah pasien covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri (isoman). “Diutamakan yang berlatar belakang sosial ekonomi rendah,” ungkapnya.

Sementara untuk alur pembagiannya, nanti Kimia Farma menyediakan obat, Dinas Kesdam (Kesehatan Daerah Militer) sebagai pendistribusi obat berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan PKM terkait pasien positif berdasar data New All Records (NAR) dan triase gejala pasien, dan dilanjutkan oleh babinsa sebagai pengantar obat dan edukasi pasien.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan kesiapan pihaknya untuk menyusun mekanisme pencatatan, penyaluran, dan sosialisasi obat-obatan tersebut.

“Untuk kecamatan dan desa kami tentu akan terus dengan dokter dan bidan desa untuk edukasi pasien, dan bersama Babinsa juga nanti akan membantu,” tuturnya(mg/jpc)