5 Manfaat Kurban Online Hemat dari Lembaga, Hukum, dan Caranya

RADARCIANJUR.Com Umat Islam kembali merayakan Idul Adha di tengah pandemi Covid-19. Idul Adha yang identik dengan pemotongan hewan kurban wajib dilakukan dengan protokol kesehatan ketat yang bukan alakadarnya. Kurban online jadi salah satu cara menjaga kesehatan agar tetap dapat menyemarakkan Idul Adha. Dengan bantuan internet, maka kurban dapat dilakukan secara aman, nyaman, dan lebih mudah dari rumah. Lantas, bagaimana hukum kurban online dari sudut pandang syariah?

Hukum Kurban Online
Melansir dari Dompet Dhuafa, hukum kurban online hukumnya mubah yang artinya para ulama mengizinkan praktik jual beli tersebut. Praktik ini termasuk muamalah dalam kategori wakalah atau perwakilan. Al-Quran dan hadist jelas mengizinkan wakalah karena membantu terselenggaranya ibadah. Salah satu ulama yaitu Ibnu Qudamah, Al-Mughni berpendapat bahwa tidak setiap saat seseorang dapat menangani kebutuhannya, sehingga perwakilan jadi solusinya.

وَأَجْمَعَتْ الْأُمَّةُ عَلَى جَوَازِ الْوَكَالَةِ فِي الْجُمْلَةِ وَلِأَنَّ الْحَاجَةَ دَاعِيَةٌ إلَى ذَلِكَ ؛ فَإِنَّهُ لَا يُمْكِنُ كُلَّ وَاحِدٍ فِعْلُ مَا يَحْتَاجُ إلَيْهِ، فَدَعَتْ الْحَاجَةُ إلَيْهَا

Artinya:
“(Ulama) umat ini sepakat atas kebolehan wakalah secara umum atas hajat yang perlu adanya perwakilan, karena setiap orang tidak mungkin menangani segala keperluannya sendiri sehingga ia memerlukan perwakilan untuk hajatnya.” (Ibnu Qudamah, Al Mughni)

Maka dari itu sudah jelas bahwa agama mengizinkan praktik jual beli hewan kurban yang dilakukan daring karena barangnya jelas. Ijab qabul pun sah dari transaksi yang dilakukan secara sadar antara lembaga dan pekurban. Transparansi menjadi kunci menjalankan transaksi jual beli binatang ternak secara online.

Selanjutnya, pilih lembaga yang terpercaya dan transparan agar pekurban dan lembaga saling terbuka akan informasi, jadi tidak ada yang dirugikan. Selain itu, pilih lembaga yang melek kebijakan protokol kesehatan bagi hewan ternak. Hal tersebut penting untuk Anda yang berkurban agar niat baik sedekah daging benar-benar bermanfaat dan sehat.

Manfaat Kurban Online dari Lembaga

1. Transparansi Laporan Qurban
Transparansi laporan jadi aspek penting memilih lembaga saat ingin berkurban online. Dompet Dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan memberikan laporan kurban lengkap, terbuka, dan terbarukan. Para amil selalu memberikan informasi terbaru saat pemotongan hewan kurban. Hati tenang dan tetap bisa merasakan euforia kurban, meskipun dari jauh.

Informasi dari laporan Dompet Dhuafa juga aman dan terhindar dari kebocoran data. Laporan tersebut berisi nama pekurban, nomor kurban, nomor kwitansi, tempat pemotongan hewan kurban yang lengkap mulai dari data desa, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. Lalu, ada tanda tangan panitia lembaga dan foto proses berkurban.

2. Hewan Kurban Berkualitas
Di masa pandemi ini penting sekali memilih yang terbaik dan sehat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dompet Dhuafa menyadari bahwa pandemi Covid-19 menimbulkan kekhawatiran mutu hewan kurban. Maka dari itu, lembaga menerapkan quality control yang ketat melalui empat parameter, yaitu bobot hewan, kesehatan dan fisik, pelaksanaan pemotongan, dan tepat sasaran. Dengan demikian, hewan kurban bugar dan dagingnya layak dikonsumsi.

3. Berkurban dari Lembaga Kredibel
Sejak 1994, Dompet Dhuafa telah mendistribusikan daging hewan kurban ke daerah terpencil nusantara. Kepercayaan para pekurban jadi prinsip teguh lembaga dalam menyebarkan syiar semangat berbagi, apalagi di masa pandemi yang telah berlangsung 2 tahun di Indonesia. Bagi lembaga, kurban bukanlah sekadar ibadah setahun sekali, melainkan juga melatih empati agar kelezatan daging kurban dapat dirasakan rakyat yang kekurangan akses.

4. Pemberdayaan Peternak dan Ekonomi
Anda ikut berkontribusi pada ketahanan pangan saat berkurban online di Dompet Dhuafa. Para peternak binaan Dompet Dhuafa membesarkan binatang kurban layaknya orang terkasih dengan sungguh-sungguh. Lembaga amanah ini senantiasa memberdayakan peternak lokal dari hati demi mutu hewan kurban yang berkualitas. Para peternak juga senang menjalani pekerjaan mulianya karena daging hewannya bergizi dan layak dijual.

5. Pendistribusian yang Mencapai Pelosok Tanah Air
Tak bisa dipungkiri bahwa masalah ekonomi menjadi imbas di tengah pandemi ini, selain dari masalah utama yakni kesehatan. Riset terbaru dari Ideas 2021 mengatakan bahwa nyata adanya kesenjangan daging di Indonesia antara wilayah perkotaan dan pelosok. Beberapa daerah bahkan ada yang defisit daging hingga 1000 ton. Bukan hanya itu, rata-rata konsumsi daging nasional hanya 0,325 kg per tahun. Hal tersebut masih kurang dari target Pedoman Umum Gizi Seimbang (2014) yang idealnya 210 gr per hari 6,3 kg per bulan.

Manfaat terakhir dari kurban online di Dompet Dhuafa yaitu berbagi keberkahan lebih luas. Dompet Dhuafa menyiapkan hewan kurban untuk didistribusikan ke wilayah kategori miskin, tertinggal atau pedalaman, wilayah yang terkena bencana, dan rentan konflik. Satu kurban Anda dapat mencukupi porsi gizi mereka yang belum pernah makan daging karena kesulitan akses.

Cara Kurban Online Aman, Nyaman, dan Mudah dari Rumah

1. Kunjungi website atau e-commerce yang menyediakan layanan kurban online Dompet Dhuafa, seperti Tokopedia, Shopee, bukalapak, Lazada, BliBli, JD.id dan Elevenia.

2. Pesan dan pilih jenis jenis kurban yang diinginkan. Lakukan pemesanan dengan mengisi data informasi pribadi yang diperlukan saat transaksi dan pilih hewan kurban dari kualitas normal hingga premium. Calon pekurban juga bisa memilih keinginan kurban secara individu atau kolektif.

3. Pilih metode pembayaran kurban online sesuai kecocokan masing-masing individu. Bisa transfer melalui ATM atau mobile banking/internet banking.

4. Lakukan konfirmasi kurban. Hal ini penting untuk memudahkan pelaksanaan dan pendistribusian kurban online dan laporannya. Anda pasti mau melihat nama terpampang supaya tetap bisa merasakan gegap gempita Idul Adha, meskipun dari jauh karena jaga jarak akibat pandemi Covid-19. Jika lupa konfirmasi, maka kurban akan disebut sebagai anonim atau hamba Allah.

5. Lembaga melaksanakan penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban pada 10 Dzulhijjah usai salat Idul Adha hingga hari Tasyrik pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

6. Pekurban akan mendapatkan laporan kurban online secara lengkap. Laporan berupa dokumentasi lokasi kurban, foto prosesi pemotongan kurban, hingga ucapan terima kasih dari salah satu perwakilan penerima manfaat kurban. Laporan tersebut akan dikirimkan ke alamat rumah dan juga email pekurban.

Itulah manfaat, hukum, dan cara berkurban online yang memudahkan Anda berbuat kebaikan dari rumah. Sambut bulan Dzulhijjah di Juli 2021 dengan berani berkurban lagi melalui klik tautan di Portal Kurban Dompet Dhuafa atau e-commerce. Kurbanmu bahagiakan mereka.(mg/jpc)