Tenaga Kesehatan Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga Pekan Ini

RADARCIANJUR.Com Pemerintah telah mandapatkan vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat, Moderna. Nantinya vaksin tersebut bakal disuntikan sebagai dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan sesuai rencana, para tenaga kesehatan bakal disuntik vaksin Covid-19 dosis ketiga pada pekan ini.

“Kita sudah mengeluarkan policy bahwa rencananya mulai minggu ini kita akan memberikan suntikan ketiga, booster, tapi ini hanya untuk para tenaga kesehatan, karena ini sensitif sekali juga,” ujar Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Selasa (13/7).

Budi menjelaskan, vaksin Moderna tersebut nantinya diprioritaskan hanya untuk tenaga kesehatan yang divaksinasi. Sementara untuk masyarakat umum masih belum bisa dilakukan.

“Dosisnya ini rakyat belum semuanya punya, jadi kita berikan ini hanya untuk tenaga kesehatan dulu, supaya mereka bisa kita proteksi agar mereka bisa tahan menghadapi gelombang ini,” katanya.

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini berharap vaksin Moderna yang bakal diberikan ke tenaga kesehatan bisa memberikan proteksi bagi mereka yang bertugas di garda terdepan saat pandemi Covid-19.

“Kita sudah hitung walaupun dengan suntikan ketiga yang akan kita berikan, vaksinnya Moderna untuk para tenaga kesehatan, itu booster,” ungkapnya.

Diketahui, Menkes Budi Gunadi Sadik mengungkapkan pemerintah Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat, Moderna, pada Minggu (11/7). Budi mengatakan, vaksin Moderna ini akan digunakan untuk vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Budi mengatakan, vaksinasi dosis ketiga diberikan lantaran tenaga kesehatan mengalami tekanan yang luar biasa dalam menghadapi pandemi Covid-19 gelombang kedua di tanah air.

Sama seperti vaksin mRNA lainnya, kata Budi, Moderna terbukti cukup ampuh menekan laju penularan virus corona, khususnya di Amerika Serikat. Vaksin tersebut memiliki efikasi dan perlindungan yang tinggi. Ke depan, Pemerintah AS masih akan mengirimkan vaksin Moderna secara bertahap, sehingga total vaksin yang bakal diperoleh RI dari Negeri Paman Sam itu sejumlah 4.500.160 dosis.(mg/jpc)