Wisata Lokal Jadi Target Kebangkitan Cianjur

Pantai Jayanti. Foto: Umar Saripudin / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap daerah bukan hanya dari sekedar produk lokal dan juga pendapatan pajak daerah. Namun, setiap daerah memiliki potensi dari segi alam sekitar. Kabupaten Cianjur dengan kontur wilayah yang sangat asri, banyak digali sebagai salah satu potensi wisata daerah yang begitu banyak, seperti pegunungan, laut dan juga wisata pertanian seperti Pandanwangi yang menjadi ciri khas Kabupaten Cianjur.

Dengan banyaknya potensi wisata tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur konsisten dari berbagai program yang diluncurkan seperti Hayu Ameng Ka Cianjur (Haci). Tak sedikit pesona alam Cianjur yang menghipnotis masyarakat luar Cianjur untuk melabuhkan pilihan berwisata dengan daerah yang digadang-gadang memiliki banyak air terjun ini.

Bupati Cianjur, Herman Suherman tidak menapikkan hal tersebut. Pihaknya sangat bersyukur dengan apa yang dimiliki oleh Kota Tauco ini bisa terolah dengan baik dari pertanian hingga wisata. Sehingga optimisme pembangunan daerah bisa berjalan dengan lancar. Tentunya, pihaknya akan berupaya dalam perbaikan infrastruktur penunjang untuk destinasi wisata Kabupaten Cianjur terlebih yang berada di wilayah Selatan Cianjur.

“Melihat di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur memiliki wisata yang sangat luar biasa, dengan memunculkan wisata Cianjur insya allah akan bangkit lagi,” ujar Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Lanjutnya, pihaknya tidak muluk-muluk untuk mendatangkan wisatawan luar Cianjur. Masyarakat lokal atau Cianjur bisa menjadi salah satu pendorong untuk naiknya PAD dalam segi pariwisata dengan memberikan keistimewaan dan juga penunjang yang memadai untuk wisatawan. Sehingga ada kebanggan bagi masyarakat lokal dan juga promosi kepada wisatawan luar Cianjur untuk datang.

“Kita jangan dulu wisatawan asing atau luar, lokal dahulu saja. Itu bisa membangkitkan Kabupaten Cianjur pasca pandemi dan tentunya mendorong PAD dari segi wisata,” ungkapnya.

Sehingga setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur bisa saling berbenah dan mulai memunculkan potensi yang ada. Peran serta tidak hanya dilakukan oleh Pemkab Cianjur, namun dari desa hingga kecamatan turut berperan untuk kemajuan dan bangkitnya Cianjur ke arah lebih baik.

(kim)