Ini Isi Paket Obat Terapi Covid-19 bagi Masyarakat yang Lakukan Isoman

RADARCIANJUR.com Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sebanyak 300 ribu paket obat terapi Covid-19 gratis mulai dibagikan pemerintah bagi masyarakat yang sedang isolasi mandiri atau isoman. “Untuk tahap sekarang ini yang akan dibagikan adalah 300.000 paket untuk yang melakukan isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. Kemudian akan dilanjutkan dengan 300.000 paket lagi untuk yang di luar Jawa,” ujar Jokowi dalam jumpa pers di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, setidaknya ada tiga paket obat yang dibagikan. Paket pertama untuk warga tanpa gejala (OTG), paket kedua untuk warga dengan gejala demam dan hilang penciuman (anosmia), dan paket ketiga untuk warga dengan gejala demam dan batuk kering.

“Ada tiga jenis paket obat isolasi mandiri yang akan kita bagikan masing-masing untuk tujuh hari,” katanya.

Jokowi menuturkan, untuk paket pertama berisi vitamin-vitamin untuk warga dengan PCR positif tanpa gejala atau OTG. Kemudian paket kedua berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan anosmia.

Selanjutnya paket ketiga berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering. “Pasokannya disiapkan oleh Menteri BUMN yang diproduksi oleh BUMN farmasi dan kemudian pendistribusiannya ini nanti akan dikoordinasikan oleh Panglima TNI, yang nanti juga akan berkoordinasi dengan pemda sampai pemerintah desa maupun melibatkan puskesmas, Babinsa, dan pengurus RT-RW,” katanya.

Jokowi menjelaskan, pemberian obat terapi Covid-19 gratis untuk warga yang isoman tersebut dalam rangka mengurangi laju penularan virus korona di Tanah Air. Jokowi juga meminta kepada jajarannya untuk mengawasi ketat distribusi paket obat terapi Covid-19 gratis ke masyarakat yang sedang isoman ini.

“Saya meminta agar dilakukan pengawasan yang ketat di lapangan agar program ini betul-betul bisa maksimal mengurangi risiko karena Covid-19 dan membantu pengobatan warga yang menderita Covid-19,” pungkasnya.(mg/jpc)