Jokowi: Obat Terapi Covid-19 bagi Warga Isoman Tidak Diperjualbelikan

RADARCIANJUR.com Pemerintah memberikan paket obat terapi Covid-19 gratis bagi masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri atau isoman. Presiden Joko Widodo (Jokowi) paket obat gratis untuk warga isoman tersebut tidak diperjualbelikan secara umum.

“Paket obat isolasi mandiri ini tidak diperjualbelikan,” ujar Jokowi dalam jumpa pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan paket obat terapi Covid-19 untuk warga yang isoman nantinya disiapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Kemudian untuk pendistribusiannya ke masyarakat dilakukan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Pasokannya disiapkan oleh Menteri BUMN yang diproduksi oleh BUMN farmasi dan kemudian pendistribusiannya ini nanti akan dikoordinasikan oleh Panglima TNI, yang nanti juga akan berkoordinasi dengan Pemda sampai pemerintah desa maupun melibatkan Puskesmas, Babinsa, dan pengurus RT-RW,” katanya.

Jokowi meminta kepada jajarannya untuk mengawasi ketat distribusi paket obat terapi Covid-19 gratis ke masyarakat yang sedang isoman ini. “Saya meminta agar dilakukan pengawasan yang ketat di lapangan agar program ini betul-betul bisa maksimal mengurangi risiko karena Covid-19 dan membantu pengobatan warga yang menderita Covid-19,” ungkapnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta adanya program tersebut tidak mengganggu ketersediaan obat terapi Covid-19 yang ada di rumah sakit (RS) maupun di apotek-apotek. “Saya minta juga agar program ini tidak mengganggu ketersediaan obat esensial terapi Covid-19 di apotek maupun di rumah sakit,” tuturnya.