Distributor Oksigen Kebanjiran Orderan

Salah satu Perusahaan Distributor Oksigen. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Ketersediaan Tabung gas oksigen di masa PPKM Mikro Darurat yang berlangsung 2 pekan masih sangat dibutuhkan masyarakat di kabupaten Cianjur.

Ditengah pemberlakuan PPKM Mikro Darurat kebutuhan tabung gas oksigen semakin meningkat seiring masih banyaknya masyarakat kabupaten Cianjur yang terpapar Covid 19.

Hal tersebut membuat pemerintah Kabupaten Cianjur memberlakukan peraturan tentang penjualan tabung gas oksigen hanya untuk keperluan medis.

Pantauan Radar Cianjur, penjualan oksigen semakin banyak seperti di salah satu Perusahaan Distributor Oksigen PT cianjur mandiri yang terletak di Jalan Raya Bandung kampung Cikolotok Desa Hegarmanah Kecamatan Karangtengah.

“Penjualan tabung gas oksigen di perusahaan kami meningkat hingga 50 persen semenjak diberlakukannya PPKM Mikro Darurat di Kabupaten Cianjur,”ujar Nurul (28) karyawan perusahaan tersebut kepada Radar Cianjur.

Namun, Nurul menjelaskan, pembelian sejumlah pelanggan hanya dilayani jika untuk keperluan medis.

“Tentunya kami hanya melayani pembelian tabung oksigen untuk keperluan medis saja sesuai peraturan pemerintah,”ungkapnya.

ia menjelaskan, pembelian tabung gas oksigen dibatasi 5 tabung untuk puskesmas atau klinik, sedangkan untuk rumah sakit sampai 50 tabung untuk sekali pesan setiap harinya.

“Kami batasi untuk pembelian. itupun hanya menerima ukuran kecil dengan satu meter kubik di banderol Rp 50 ribu per tabungnya,”bebernya.

Saat ini Nurul menjelaskan, Pihaknya hanya menerima permintaan dari beberapa rumah sakit umum seperti RSUD Sayang, RSUD Cimacan da RSUD Pagelan serta Puskesmas-puskesmas kecamatan dan sementara menolak permintaan agen sebanyak 20 untuk keperluan industri.

“Saat ini kami menerima permintaan pesanan tabung oksigen dari beberapa Rumah sakit dan puskesmas -puskesmas kecamatan di Cianjur,”jelasnya.

Sementara itu Direktur Umum RSUD Sayang Kabupaten Cianjur, Darmawan menyebutkan, untuk saat ini stok tabung oksigen dinilai masih mencukupi.

“Ahamdulillah cukup aman. Banyak bantuan dari pemasok-pemasok, ada juga dari Dinkes provinsi Jawa Barat dan Dinkes kabupaten Cianjur,”tuturnya.

Selain itu Darmawan mengaku juga mendapat pasokan dari beberapa distributor .

Agen- agen dan distributor alhamdulillah ada beberapa yang bantu,”pungkasnya (byu).