Pemdes Cipanas Beri Sembako Puluhan Pasien Isoman di Wilayahnya

Kepala Desa Cipanas didampingi unsur lain memberikan bantuan sembako kepada warga yang tengah isolasi mandiri. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur gerak cepat (Gercep) memberikan bantuan sembako kepada puluhan warga yang tengah menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19, sejak beberapa hari kemarin hingga kini.

Kepala Desa Cipanas, H. Agus Sahputra mengatakan, demi meringankan beban pasien yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri, pihaknya telah memberikan bantuan sembako ke sebanyak 25 pasien.

“Alhamdulilah dari hasil swadaya perangkat desa bersama masyarakat berikut RW/RT, kami berhasil mengumpulkan sumbangan yang dibelikan sembako serta vitamin untuk disalurkan kepada warga yang tengah melakukan isolasi mandiri,” kata Agus, Jum’at (16/7/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, ke 25 orang yang sedang isoman tersebut sebagian menjalani isolasi di rumah isolasi Pemerintah Desa (Pemdes) Cipanas dan sebagian di rumah pasien masing-masing.

“Kerena ruang isolasi Desa Cipanas saat ini penuh, sehingga sebagian warga kami diimbau untuk tetap diam di rumah selama 14 hari, dengan persediaan makanan yang kami berikan berupa paket sembako,” ujarnya.

Dalam teknisnya, Agus menyebut, bagi warga yang menjalani isoman di rumah masing-masing, pihaknya telah menitipkan bantuan tersebut pada ketua RT dan RW setempat.

“Warga yang sedang isoman, tentunya terus kami pantau supaya mereka tetap mematuhi prokes dengan baik. Sehingga mereka bisa cepat kembali pulih,” kata Agus.

Menurutnya, pasien Covid-19 ini, tak hanya membutuhkan bantuan pangan saja, tetapi yang lebih utama lagi adalah support, dukungan, serta doa. Sehingga Pemdes mengajak kepada semua pihak agar tidak mengucilkan warga yang sedang isoman.

“Posisikan kita ada di posisi mereka. Mari kita bantu doa dan support apa saja yang kita miliki. Sehingga kedepan mereka bisa hadir di tengah-tengah kita lagi dalam kondisi sehat wal Afiat,” ucapnya.

Sebagai bahan informasi, ia menyebut, sejak awal pandemi pada 2020 lalu hingga Juli 2021 ini, tercatat ada sebanyak 113 warga Desa Cipanas yang terkonfirmasi Covid-19.

Dari 113 kasus tersebut, 85 orang diantaranya sudah sembuh, dan tiga orang meninggal dunia. Sementara yang terkonfirmasi positif hingga saat ini ada 25 orang.

“Kami berharap bahwa pandemi Covid-19 ini bisa segera usai. Segala bentuk penyakit bisa sirna dengan kehendak Alloh SWT. Mudah-mudahan kita semua diberikan kesehatan lahir batin,” tutupnya. (dan)