TMMD ke-111, Sama-sama Kehilangan

INDAH: Kasrem 061/Surya Kencana Kolonel Inf. Mahesa Fitriadi didampingi Dandim 0608/Cianjur Letkol Kav. Ricky Arinuryadi menyempatkan diri berbincang dengan warga Desa Ciandam, Kecamatan Mande, dalam penutupan TMMD Reguler ke-111, Selasa (14/7/2021) lalu.

RADARCIANJUR.com -Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 di Desa Ciandam, Kecamatan Mande, resmi berakhir pada Selasa (14/7) lalu. Selama 30 hari penuh, seluruh target pembangunan pun rampung dilaksanakan.

Selama pelaksanaan program itu pula, warga mendapat kesan mendalam. Salah satunya seperti dituturkan Jaenal, Ketua RT di Kampung Sukasirna yang menyebut banyak pelajaran dari anggota TNI kepada warga dan anak-anak.

Berakhirnya program itu, juga dirasakannya seperti sebuah kehilangan bagi warga dan anak-anak. “Karena kami sangat dekat dengan Satgas TMMD dan anak-anak pun sangat menyukai TNI. Jadi kami pasti sangat kehilangan sekali,” ungkap dia.

Hal senada juga dirasakan Ai Nurhalimah (30), salah seorang warga setempat. Menurutnya, program TMMD sangat dirasakan manfaatnya oleh bagi warga.

“Terimakasih kami ucapkan kepada bapak-bapak TNI yang sudah mengerjakan perbaikan jalan dan pembangunan lainnya. Sekarang kampung kami jalannya sudah bagus,” ucap Ai.

Namun, hal yang sama juga dirasakan anggota Satgas Satgas TMMD. Seperti dituturkan Serka Dewiljon Sipayung. Ia mengatakan, sangat ingin tinggal lebih lama lagi di Desa Ciandam meski tugas telah rampung. Sayangnya, itu tidak bisa dilakukan.

“Selamat tinggal Ciandam yang tercinta, sampai ketemu di lain waktu. Tepat sebulan saya tinggal di sini dan bekerja sama bersam warga. Banyak kenangan yang tidak terlupakan,” ungkapnya.

Dwiljon pun merasakan betul keramahan warga Desa Ciandam. Bahkan, hubungan yang sudah terjalin bak keluarga sendiri. “Rasanya ingin tinggal lebih lama, tapi tugas di sini sudah selesai,” ujar dia.

Dwiljon pun menyampaikan permintaan maaf jika selama dirinya dan anggota Satgas TMMD lainnya berbuat kesalahan, baik lisan atau perbuatan, sengaja atau tidak.

“Buat saudaraku semua di Desa Ciandam, saya mohon maaf kalau ada kata-kata saya yang kurang berkenan. Saya mohon maaf, dan saya berharap agar jalan desa dirawat bersama. Semoga kita semua selalu sehat,” tuturnya.

Sementara, Kasrem 061/Surya Kencana Kolonel Inf. Mahesa Fitriadi didampingi Dandim 0608/Cianjur Letkol Kav. Ricky Arinuryadi mengatakan, keberhasilan Satgas TMMD merupakan hasil kerja sama yang baik dengan warga setempat.

Sehingga program tersebut dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Ia juga meminta warga harus dapat menjaga dan merawat apa yang telah dibangun.

“Kini jalan sudah diperbaiki dan sudah bagus. Tapi harus tetap berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya. Yang tak kalah penting, harus menjaga kesehatan,” pesan Mahesa.

Mahesa juga sangat mengapresiasi anak anak di Desa Ciandam yang sangat rajin membaca dan memanfaatkan pos baca yang ada di wilayah Desa tersebut.

“Saya merasakan betul, banyak kenangan indah di sini. Semoga kita bisa bertemu lagi,” tandasnya.(tim)