Vaksinisasi Anak Belum Menjadi Prioritas Utama di Cianjur

RADARCIANJUR.com- Vaksinisasi Covid 19 saat ini baru dapat dilakukan kepada beberapa kategori penerima.

Kategori penerima vaksin di Indonesia yakni Lanjut Usia (Lansia), usia produktif dan pelayan publik.

Namun kategori vaksinisasi untuk anak saat ini belum dapat dilakukan mengingat belum menjadi prioritas utama seperti halnya di Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut turut ditanggapi Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dr Irvan Nur Fauzi tentang vaksinisasi usia ketegori anak.

“Vaksinisasi sinovac untuk anak seperti diketahui telah mendapatkan ijin daruratnya dari Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) dan kini tengah dicanangkan pemerintah pusat,”katanya kepada Radar Cianjur, Jum’at 17/07/2021.

Irvan menuturkan, Kabupaten Cianjur saat ini tengah menunggu ijin pemerintah pusat untuk melakukan vaksinasi anak.

“Untuk Kabupaten Cianjur kita tentunya mengikuti kebijakan arahan pusat apa yang menjadi ijin darurat pedomannya,”tuturnya.

Namun saat ini pihaknya sedang memproritaskan vaksinisasi sesuai aturan pemerintah.

“Tentunya strategi kami saat ini memprioritaskan vaksinisasi lansia, usia produktif, pelayan publik dan anak,”ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Pusat Informasi Penanganan dan Penanggulangan Covid 19 dr Yusman Faisal mengatakan, saat ini pemerintah tengah mensosialisasikan vaksin anak.

“Sudah mulai di sosialisasikan Pemerintah untuk anak 12 tahun ke atas untuk mulai dilakukan vaksinisasi,”bebernya.

Namun Yusman menjelaskan, saat ini pemerintah tengah fokus dan belum menyepakati tentang vaksinisasi anak.

“Hanya saja kemari kami di provinsi Jawa melalui dinas kesehatan provinsi menyepakati bahwa prororitas vaksin saat ini di usia 18 tahun ke atas,”tandasnya. (byu)