Wolves Terjerat Cinta Portugal, Kehilangan Patricio, Datangkan Jose Sa

RADARCIANJUR.Com Wolverhampton Wanderers tak bisa lepas dari jerat cinta Portugal. Klub berjuluk Wolves tersebut sejak beberapa musim terakhir memang gemar menggaet pemain berkebangsaan Portugal.

Teranyar, Wolves telah resmi merampungkan transfer kiper asal Portugal, Jose Sa, dari Olympiakos dengan kontrak berdurasi lima tahun. Pemain berusia 28 tahun itu bergabung untuk menggantikan rekan senegaranya Rui Patricio yang digaet AS Roma. Artinya, kehilangan kiper asal Portugal, didatangkan kiper juga dari Portugal.

Wolves membayar biaya sekitar GBP 6,85 juta (sekitar Rp 137 miliar) untuk Sa. Sementara mereka akan mendapatkan sekitar GBP 10,25 juta (Rp 205 miliar) dari Roma untuk Patricio.

Sa awalnya bergabung dengan Olympiakos dari FC Porto pada 2018 dengan kesepakatan pinjaman selama satu musim dan dipermanenkan pada musim panas berikutnya dengan menandatangani kontrak empat tahun. Sa membuktikan dirinya sebagai kiper nomor satu di tim dan membantu klub meraih dua gelar Liga Super Yunani berturut-turut dalam dua musim terakhir. Dia mencatatkan 62 clean sheet dalam 124 penampilan.

Sa pernah bermain untuk timnas junior Portugal dan beberapa kali dipanggil ke tim senior oleh Fernando Santos, termasuk untuk final UEFA Nations League 2019. Namun, dia tidak pernah pernah mendapatkan kesempatan untuk tampil lantaran kalah bersaing dengan Patricio.

 

Sebelumnya, Wolves juga telah mengonfirmasi peminjaman pemain sayap Portugal Francisco Trincao dari Barcelona dengan opsi pembelian seharga GBP 25 juta (sekitar Rp 502 miliar), serta bek Kolombia Yerson Mosquera dari Atletico Nacional. Wolves juga telah mendapatkan Rayan Ait-Nouri dengan kontrak lima tahun setelah menjalani masa pinjaman selama satu musim dari Angers, dan akan membayar dengan biaya sekitar GBP 9,5 juta (sekitar Rp 190 miliar).

Kini, Wolves memiliki total 9 pemain Portugal. Mereka adalah Jose Sa (kiper), Bruno Jordao (gelandang), Pedro Neto (penyerang), Ruben Neves (gelandang), Daniel Podence (penyerang), Francisco Trincao (penyerang), Fabio Silva (penyerang), Nelson Semedo (bek kanan), dan Joao Moutinho (gelandang). Pelatih mereka juga dari Portugal yakni Bruno Lage yang sebelumnya pernah menukangi Benfica.(mg/jpc)