PPKM Darurat Diperpanjang, Ini Kata Ketua DPRD Cianjur

Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan

RADARCIANJUR.com – Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramdhan, menilai adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang kini justru diperpanjang Pemerintah hingga akhir Juli 2021 mendatang, tentunya harus seimbang antara sebuah ketetapan dengan solusi dampak yang dirasakan masyarakat.

“Mungkin pemerintah pusat harus membuat solusinya bukan hanya untuk mengeluarkan perpanjangan PPKM darurat saja, tapi saya harap bisa memberikan solusi untuk rakyat yang terdampak di daerah-daerah,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (18/7/2021).

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta ke pemerintah pusat agar memikirkan kembali perpanjangan PPKM darurat ini, pasalnya kebijakan tersebut harus diimbangi dengan solusi yang tepat supaya masyarakat bisa mengikuti anjuran yang diberlakukan.

“Usulan saya kalau bisa semua umat muslim sama-sama melaksanaan istigosah atau do’a bersama, dan dipimpin langsung presiden melalui zoom atau di TV nasional secara serentak,” kata Ganjar.

“Jangan hanya berita tentang Corona terus yang akan menimbulkan rasa takut untuk rakyat,” sambungnya.

Terlebih, kata dia, dampak yang ditimbulkan adanya penerapan ini, dimungkinkan bisa menjadi polemik di kalangan bawah, terutama di para pegiat UMKM atau pelaku usaha kecil menengah.

“Kan yang sekarang terjadi jelas sangat terasa terpuruk bagi mereka pelaku usaha non esensial. Seperti tempat kopi, restoran, dan pedagang sandang lainnya,” ucapnya.

Bahkan, lanjutnya, tak sedikit para pekerja atau karyawan dari toko-toko non esensial yang kini harus tutup karena aturan PPKM, menjadi pengangguran atau dirumahkan.

“Banyak karyawan-karyawan yang dipangkas pekerjaannya, karena terpaksa tutup akibat dampak pandemi yang ditambah PPKM Darurat saat ini,” katanya.

Dengan begitu ia sangat berharap, bahwa pemerintah pusat tentunya bisa terus mendorong dan membatu pemerintah daerah dalam hal menangani pandemi Covid-19 hingga saat ini.

“Masyarakat itu sebetulnya sudah lelah menghadapi pandemi Covid hingga saat ini. Mudah-mudahan saja pandemi bisa segera usai dan virus Corona cepat sirna,” pungkasnya. (dan)