Momen Lebaran Adha, Pengunjung Pasar Cipanas Naik 30 Persen

Pengunjung pasar rakyat Cipanas tampak sedikit mengalami peningkatan di H-1 Lebaran Idul Adha. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Momentum lebaran haji atau Idul Adha yang bertepatan dengan penerapan PPKM mikro darurat di Kabupaten Cianjur, tak menyurutkan sebagian orang untuk memenuhi kebutuhan pangan dan berbelanja ke pasar rakyat.

Seperti yang terpantau, H-1 lebaran tepatnya pada Senin (19/7/2021) kemarin, para pengunjung yang datang ke pasar rakyat Cipanas, Cianjur meningkat sekitar 30 persen.

“Iya kang ada peningkatan pengunjung sekitar 20 hingga 30 persen. Tapi mereka tentunya hanya untuk berbelanja sembako atau pangan jelang lebaran idul Adha ini,” ujar Kepala UPTD Pasar Cipanas Heru Haerul Hakim saat ditemui, Senin (19/7).

Lebih lanjut Heru menegaskan, kedatangan mereka tak lepas karena hendak memenuhi kebutuhan pangan. Sebab, untuk para pedagang non esensial di sini, tetap diimbau untuk tutup sesuai instruksi dan aturan pemerintah.

“Kalau pedagang sembako dan pangan kan masih bisa buka. Tapi untuk non esensial, tetap kami tegaskan kepada mereka untuk tutup,” katanya.

Meski adanya kenaikan pengunjung, Heru menyebut, pihaknya tetap imbau di setiap waktu, baik melalui pengeras suara, maupun para petugas di lapangan, untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan.

“Ya tetap kami imbau semuanya untuk selalu menjaga Prokes. Bahkan sebelum pintu masuk utama pasar Cipanas, ada penyemprotan disinfektan bagi pengunjung,” kata dia.

Sementara itu, Nani (34) warga Pacet mengaku, jelang lebaran tahun ini dirinya tetap berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan pangan untuk hari H Idul Adha.

“Ya walaupun sedang PPKM Darurat, saya sih tetap berbelanja untuk makan keluarga di hari raya. Walaupun disesuaikan dengan isi dompet saya ini,” ujarnya.

Meski begitu, dirinya tetap menjalankan prokes dengan terus menggunakan masker di saat berpergian. Karena dirinya paham, pandemi Covid-19 ini masih ada.

“Paling tetep pake masker kang. Karena kita tau, pandemi Covid-19 masih berlangsung. Tapi mudah-mudahan saja, Corona ini segera sirna di muka bumi. Sehingga keberlangsungan hidup kita semua bisa pulih seperti sediakala,” tandasnya. (dan)