Genjot PAD Cianjur, Retribusi Parkir Pasar Diserahkan ke Dispkoperindagin

Parkiran di sebuah pasar di Kabupaten Cianjur

RADARCIANJUR.com- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur saat ini tidak lagi mengelola restribusi parkiran pasar pemkab.

Restribusi parkiran pasar dialihkan kepada Dinas Koperasi Perdagangan UMKM dan Perindustrian (Diskoperindagin) Kabupaten Cianjur.

Kepala Bidang (Kabid) Parkiran Dinas perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur Jakso Ronggo Ardi mengatakan, saat ini pihaknya tidak lagi mengelola restribusi parkiran pasar pemkab dan sudah diserahkan kepada Diskoperindagin.

“Untuk restribusi parkiran pasar kami sudah tak mengelolannya karena sudah diserahkan kepada Dinas Diskoperindagin Kabupaten Cianjur,”katanya.

Sementara itu, kepala bidang (Kabid) Perdagangan Nana Rukmana membenarkan perihal pemindahan restribusi parkiran kepada Dinas Dispkoperindagin Kabupaten Cianjur.

“Yah betul, untuk restribusi parkiran pasar saat ini sudah diserahkan kepada pihak kami,”ungkapnya.

Pemindahan restribusi parkiran tersebut telah berlangsung selama 5 bulan.

“Sudah berlangsung 5 bulan dari bulan Maret sampai sekarang bulan Juli tahun 2021,”terangnya.

Nana berujar, pemindahan restribusi parkiran karena sebelumnya pihak Dishub Kabupaten Cianjur tidak dapat mencapai target yang di tetapkan Pemkab Cianjur.

“Jadi pemindahan restribusi parkiran itu karena tahun lalu Dishub Cianjur tidak memenuhi target sehingga di limpahkan ke pihak kami,”terangnya.

Nana menjelaskan, target yang ditetapkan Pemkab Cianjur untuk restribusi parkiran pasar setelah dilimpahkan ke pihaknya naik menjadi 1,8 Milyar pertahunnya.

“Alhamdulillah saat ini sudah berjalan dan untuk pemasukan terbanyak dari pasar Induk Cianjur (PIC) diikuti pasar-pasar lainnya,”ujarnya.

Nana berharap, pihaknya mampu mengejar target yang telah ditetapkan Pemkab Cianjur.

“Harapannya dengan dipindahkannya restribusi parkiran pasar ke Diskoperindagin mampu memenuhi target PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Cianjur,”tandasnya. (byu)