Mudahkan Pelayanan Kesehatan, Poskesdes Ciloto Gratiskan Persalinan Warga

Tampak sejumlah warga di Desa Ciloto tengah melakukan pemeriksaan kesehatan di Poskesdes. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Dalam upaya mendekatkan pelayanan kesehatan dasar setiap harinya, Pemerintah Desa Ciloto Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, kini lebih meningkatkan pemberdayaan sarana pos kesehatan desa atau Poskesdes bagi warga.

Kepala Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Marwan mengatakan, pelayanan yang diberikan Poskesdes kepada warga, sebetulnya telah berlangsung lama. Namun sejak dirinya menjabat, Poskesdes ini sekarang lebih dioptimalkan kembali dalam hal penanganan kesehatan bagi masyarakat.

“Sejak saya menjabat sudah lebih dari 50 warga yang memilih pemeriksaan kesehatan bahkan persalinan di Poskesdes Ciloto ini. Alhamdulillah bisa bermanfaat dan membantu warga dalam hal penanganan medis terutama untuk persalinan,” kata Marwan saat ditemui di kantor Desa Ciloto, Rabu (21/7/2021).

Lebih lanjut ia menyebut, pemeriksaan dan persalinan di Poskesdes ini tentunya bukan hanya membantu memudahkan warga, tetapi biayanya pun ditanggung Pemerintah. Sehingga warga tak perlu takut dan khawatir masalah biaya berobat ke sini.

“Ya kang bagi warga Ciloto pemeriksaan dan persalinan itu gratis. Makanya bagi warga, silahkan datang ke Poskesdes,” ajaknya.

Selama ini, menurut Marwan, antusias warga yang datang ke Poskesdes Ciloto cukup tinggi. Karena selain lebih dekat, juga di kantor desa pun tersedia mobil ambulan yang siap 24 jam. Sehingga bagi warga yang sedang melakukan pemeriksaan dan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, bisa segera dirujuk ke rumah sakit dengan menggunakan ambulan.

“Selama ini antusias dan respon warga Alhamdulillah baik. Bahkan setiap harinya selalu ada yang datang ke Poskesdes. Bukan hanya pemeriksaan kehamilan, juga secara umum,” ujarnya.

“Kami juga sering melakukan sosialisasi ke masyarakat bersama bidan desa dan kader posyandu saat ada penimbangan di masing-masing daerah di Desa Ciloto. Makanya warga juga tau adanya pos kesehatan desa,” tambahnya.

Ia berharap, pelayanan yang diberikan Pemdes bersama bidan desa dan tim kesehatan di sini, bisa terus membantu warga. Sehingga penanganan segala bentuk kesehatan bisa lebih mudah dirasakan masyarakat.

Salah seorang warga setempat, Siti (27) mengaku sangat bersyukur dan terbantu adanya Poskesdes Ciloto ini. Sebab, ia mengalami sekali di saat hamil hingga melahirkan, bisa terus dicek di pos kesehatan tersebut.

“Sejak saya hamil hingga melahirkan, diperiksanya di Poskesdes. Alhamdulillah bidannya sabar, nyaman, dan baik. Makanya adanya pos kesehatan desa ini merasa terbantu,” kata dia.

“Mudah-mudahan saja pelayanan kesehatan ini bisa terus ada dan konsisten,” tandasnya. (dan)