Jabar Bergerak Cianjur Genjot Program Kemanusiaan

Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Cianjur Dokter Yusuf Nugraha

RADARCIANJUR.com- Ditengah melonjaknya kasus Covid 19 Jabar bergerak (Jaber) Kabupaten Cianjur melakukan serangkaian program diantaranya membuat satgas Khusus Covid-19 Jabar Kabupaten Cianjur.

Jaber Cianjur saat ini mempunyai program antara lain penanganan terpadu diantaranya bersifat Promotif yakni bagaimana mengedukasi masyarakat dan Kuratif yakni pengobatan ringan, sedang dan berat.

Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Cianjur Dokter Yusuf Nugraha mengatakan, program yang dijalankan tidak hanya permasalahan kesehatan juga bergelut di masalah sosial ekonomi terlebih masyarakat yang terdampak PPKM.

“Jadi kita akan membuat dapur umum di tempat-tempat yang memang disitu banyak sekali yang membutuhkan. Kemudian kita akan menyiapkan paket isoman yang terdiri dari paket sembako, paket oksimeter dan paket obat-obatan,”katanya kepada Radar Cianjur Kamis (22/7/2021) melalui sambungan telepon.

Selain itu Yusuf menjelaskan, untuk masalah sosial pihaknya akan membantu proses pemakaman yg terinfeksi Covid-19. Jaber Kabupaten Cianjur akan mengadakan penyuluhan dan Talk show dengan narasumber yg berbeda beda.

“Nah narasumber tersebut akan ada dokter dan psikolog ada juga mungkin mengambil narasumber dari ceramah menurut Islam dan mereka yang pernah terkena Covid-19 untuk memotivasi dan akan memasang poster tentang penjelasan Covid-19 dimasyarakat,” ucapnya.

Adapun Jabar bergerak Kabupaten Cianjur sendiri, pihaknya ingin bekerjasama dengan berbagai media untuk percegahan Covid-19 ini akan ada rencana pembagian masker kepada masyarakat.

“Dan kami juga akan ada penyemprotan disinfektan ditempat ibadah dan jga di tempat umum yang memang sangat beresiko. Kemudian juga akan mengadakan donor darah Plasma konvalesan Karena saat ini pengobatan yang banyak dilakukan pasien Covid 19 dengan gejala yang berada itu biasanya darah plasma konvalesan,” ujarnya.

Jaber Kabupaten Cianjur juga sudah berkolaborasi juga dengan Rumah Sakit rujukan Covid-19.

“Seperti RSUD Sayang cianjur, RSDH, RS Cimacan dan RSUD Pagelaran. Kita kordinasi apabila pasien yang sedang kita tangani itu ada masalah dengan kasus yang berat lalu akan langsung kita rujuk,”tandasnya. (byu)