Pemkab Cianjur Alokasikan Rp 18 Milyar Pertahun Untuk Guru Madrasah

Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana Syahrudin Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Kabupaten Cianjur telah mengalokasikan dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bagi insentif guru madrasah atau Diniyah senilai Rp 18 miliar per tahun.

Begitu yang disampaikan Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana Syahrudin belum lama ini saat menghadiri penyaluran bantuan stimulan insentif bagi guru diniyyah di wilayah Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

“Kami alokasikan anggaran senilai Rp 18 miliar bagi insentif guru madrasah yang tersebar di 32 kecamatan secara bertahap,” ujar Tb Mulyana kepada radarcianjur.com.

Meski dengan nilai yang tak sedikit, menurutnya, alokasi tersebut tentunya akan sangat dimaksimalkan dengan baik. Sehingga sebanyak 6000 guru madrasah Diniyah se-kabupaten Cianjur ini bisa menerima sedikit bantuan khususnya di tengah kondisi pandemi saat ini.

“Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tahun ini mengalami peningkatan. Karena guru-guru madrasah ini kan banyak bermunculan. Makanya kami koordinasikan bersama P3DTPQ, sehingga penyalurannya bisa terlaksana dengan baik,” katanya.

Di sisi lain, saat ditanya terkait dengan anggaran yang telah memiliki badan aturan yang jelas, bahwa alokasi anggaran bagi para guru madrasah ini persentasenya mencapai 1 persen dari total APBD, Pemkab menilai itu akan disesuaikan dengan anggaran yang ada di APBD sendiri.

“Ya kami akan sesuaikan dengan anggaran yang ada. Tetapi yang jelas kami akan upayakan ke target 1 persen itu. Meskipun kini belum sepenuhnya dialokasikan, tapi kami optimis hingga akhir tahun nanti akan tercapai,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur telah mulai menyalurkan program stimulan pemberian insentif kepada ribuan guru diniyyah atau madrasah secara bergilir di 32 kecamatan yang ada di kota santri ini.

Penyaluran tersebut secara simbolis langsung disampaikan oleh Wakil Bupati Cianjur TB Mulyana Syahruddin kepada para guru bersama pengurus P3DTPQ di salah satu pesantren di wilayah Kecamatan Cipanas, Jum’at (23/7/2021).

“Kami sebelumnya mengucap terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para guru diniyyah, madrasah atau ustadz yang selama ini selalu mendedikasikan waktunya untuk mengajar ilmu agama di kabupaten Cianjur ini,” ujar Wabup di Cipanas, Jum’at (23/7).

Lebih lanjut, ia mengatakan, adanya insentif itu merupakan bentuk apresiasi dan motivasi bagi para guru agama yang telah mengajarkan anak-anak mengenal Alloh SWT.

“Hingga saat ini kami telah memberikan insentif itu di enam daerah di kabupaten Cianjur. Diantaranya beberapa wilayah Selatan dan kali ini di Utara, yakni kecamatan Pacet dan Cipanas,” kata Wabup. (dan)