Selama PPKM, Disnakertrans Batasi Pembuatan Kartu Kuning

RADARCIANJUR.com- Masih adanya pemberlakuan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kini membatasi pembuatan kartu kuning atau AK-1.

Adanya aturan yang diberlakukan Disnakertrans Cianjur tak lain untuk mencegah adanya kerumunana selama masa penerapan PPKM.

Kepala Bidang Penempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Cianjur, Ricky Ardhi Hikmat mengatakan, selama PPKM pelayanan tetap dibuka namun hanya pendaftaran online.

“Nanti pengambilan pada saat PPKM ditutup, sudah ada pemberitahuan di Instagram Disnaker, di sana tertera,”katanya melalui sambungan telepon, Sabtu 24/07/2021.

Ardi menambahkan, dengan adanya PPKM membuat pihaknya merubah teknis dalam pembuatan kartu kuning.

“Teknisnya misalkan kemarin itu PPKM berakhir pada tanggal 21, jadi kemarin diregistrasinya yang ngambil tanggal 4 karena PPKM nya kan mulai tanggal 3. Jadi tanggal 4 daftar diambil tanggal 21, yang daftar tanggal 5 diambil tanggal 22,”tuturnya.

Selain itu hal tersebut juga menyebabkan perubahan jadwal bagi pengambilan kartu kuning oleh masyarakat.

“Karena hanya full online. Kita masuknya non esensial, kalau non esensial kan WFH (Work From Home) semua. Tapi bukan dalam artian pelayanan ditutup juga, pelayanan tetap buka tapi hanya pendaftaran secara online saja. Nanti pengambilan setelah PPKM dicabut. Karena PPKM ini untuk menghindari terjadinya pembatasan aktifitas,”ungkapnya.

Sedangkan untuk pendaftaran Disnakertrans membuka jadwal pada hari Minggu sampai Kamis, sementara Jumat dan Sabtu tutup.

“Jadi selama PPKM kemarin ada 600 orang, karena seharinya 50 orang. Jadi memang karena pelaksanaan PPKM ini kan dalam upaya menekan menurunnya penyebaran Covid-19,”jelasnya.

Ardi menjelaskan, hal tersebut dilakukan pihaknya bukan untuk menunda pelayanan, tetapi karena menyesuaikan dengan pembatasan kegiatan masyarakat sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah.

“Untuk saat ini selama PPKM karena ketidak nyamananya bisa daftar dulu, dan pengambilan bisa nanti setelah PPKM selesai atau dicabut,”pungkasnya (byu)