Airlangga: Pengunjung Mal Akan Lewat Screening Aplikasi PeduliLindungi

RADARCIANJUR.Com Pemerintah akan memaksimalkan pelacakan Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19. Nantinya, melalui aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menyaring (screening) di beberapa tempat yang rentan keramaian termasuk di pusat perbelanjaan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, melalui aplikasi PeduliLindungi tersebut akan ditingkatkan (upgrade) sehingga dapat terintegrasi dengan sistem di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Nah ini akan di-upgrade untuk diintergrasikan untuk melakukan screening di mal ataupun di merchant. Karena ini akan dihubungkan dengan sistem di Kemenkes dan Kominfo,” ujarnya dalam konferensi pers, Minggu malam (25/7).

Airlangga menjabarkan, aplikasi tersebut akan menggunakan QR code. Sehingga sistem itu nantinya dapat menyaring masyarakat yang sudah tervaksinasi atau belum.

“Sehingga menggunakan QR code bisa meng-screen mereka yang sudah tervaksinasi dan juga yang sudah di tes PCR,” ucapnya.

Airlangga berharap, aplikasi ini dapat disiapkan ketika di tempat-tempat umum mulai ketika pembatasan akan mulai dibuka secara meluas.

“Nah ini diharapkan pada saat nanti akan ada pembukaan di tempat-tempat umum diharapkan program PeduliLindungi ini bisa disiapkan,” pungkasnya.(mg/jpc)