Tetap Waspada Varian Baru Covid-19

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal

RADARCIANJUR.com -Banyaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Cianjur yang saat ini mencapai 10.289 kasus berdasarkan laman covid19.cianjurkab.go.id tetap harus dalam kondisi waspada. Meskipun data tersebut merupakan data sejak awal pandemi Covid-19.

Namun, dari sejumlah kasus tersebut, nampaknya masyarakat harus bersyukur. Pasalnya tidak ditemukan adanya varian baru Covid-19 dari India yakni delta yang penyebarannya 10x lebih cepat.

Jubir Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, potensi untuk varian delta sangat besar menginfeksi anak-anak. Namun hingga saat ini belum ditemukan. “Jangan sampai masuk, karena kabupaten lain sudah. Cianjur mungkin harus bisa meningkatkan lagi testingnya,” ujarnya.

Mengenai testing atau pengecekannya sama saja dengan pada umumnya, hanya saja harus dikirim ke lembaga-lembaga pengujian dan penelitian kesehatan. Bahkan kriteria diambil yang berpotensi besar menginfeksi, seperti kejadian out break yang sangat cepat.

“Misalkan seluruh satu kampung terinfeksi, itu wajib diambil samplenya, karena sifat dari varian baru itu 10x penyebaran lebih cepat. Kemudian anak-anak ketika kasus terhadap anak meningkat, harus dicurigai dan harus diambil samplenya,” jelasnya.

Hingga saat ini belum ada temuan kasus varian baru, masih dalam pengendalian dan tidak terjadi peningkatan tinggi. “Kita berharap tidak ada kasus varian baru di Kabupaten Cianjur,” tutupnya.(kim)